Hujan Lebat dan Angin Kencang. Waworuntu: Waspadai Pohon Tumbang

0
118
Yohanis B Waworuntu.

MANADO– Hujan lebat yang disertai angin kencang yang melanda Sulawesi Utara dan sekitarnya dalam sepekan terakhir ini telah menyebabkan banjir dan tanah longsor, dan bahkan pohon tumbang dibeberapa lokasi di Kota Manado. Hal ini perlu diantisipasi oleh warga Manado.

“Saya mengimbau warga untuk lebih berhati hati dan waspada akan perubahan musim ini. Disamping ancaman banjir dan tanah longsor, ancaman pohon tumbang pun perlu diwaspadai,” tukas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Yohanis B Waworuntu, kepada sulutaktual.com saat dihubungi lewat ponsel untuk mengkorfimasi tentang adanya pohon tumbang di Jalan Sam Ratulangi, Sabtu (10/2/2018) siang.

Menurut Waworuntu, peristiwa alam seperti ini tak seorang pun yang berharap akan terjadi, namun karena telah terjadi, maka hal ini haruslah disikapi.

“Warga harus jeli dengan keadaan lingkungan disekitarnya. Jika melihat atau menemukan adanya kemungkinan pohon besar yang sekiranya bisa mengancam keselamatan, segera laporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado. Sesegera mungkin akan kami tindaklanjuti laporan tersebut,” ucap mantan Kadis Kominfo Manado ini.

Lanjut dikatakannya, DLH juga telah mendata dan memberi tanda di sejumlah pohon besar yang diperkirakan bakal menjadi ancaman bagi keselamatan warga.

“Pada prinsipnya, DLH tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan memelihara dan menjaga pertumbuhan tanaman/pohon. Akan tetapi jika sudah mengancam keselamatan warga, akan kami tebang ataupun dirapihkan,” imbuhnya.

Waworuntu juga berpesan kepada warga yang sekiranya akan melakukan penebangan pohon sendiri, setidaknya melapor ke Dinas Lingkungan Hidup atau ke pihak yang berwenang lainnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here