Pangdam XIII/Merdeka Resmikan Gereja Oikumene dan Revitalisasi Pangkalan

0
227
Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM (kedua kiri) meninjau langsung Gedung Gereja Oikumene 'Kristus Raja'.

BOLMONG-Panglima Kodam XIII/Merdeka meresmikan Gedung Gereja Oikumene ‘Kristus Raja’ dan Revitalisasi Pangkalan, Tribun, Kelas Lapangan, dan Lapangan Tenis Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 19/105 Tarik Bogani di Lolak, Bolmong, Jumat (2/2/2018).

Pangdam Merdeka didampingi Wakil Bupati Yanny Tuuk, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, dan para pejabat teras Kodam XIII/Merdeka, saat meninjau fasilitas-fasilitas baru di Markas Yonarmed 19/105 Tarik Bogani tersebut.

Dalam sambutannya ketika upacara serah terima Komandan Yonarmed 19/105 Tarik Bogani, Warsito mengingatkan tugas pokok satuan bantuan tempur ini. Yaitu menyelenggarakan bantuan tembakan utama di darat secara dekat, kontinyu, dan tepat waktu kepada satuan yang dibantu. Dengan cara menghancurkan atau menetralisir sasaran-sasaran tertentu.

Wakil Bupati Bolmong Yanny Tuuk menggunting pita peresmian Gereja Oikumene 'Kristus Raja'.
Wakil Bupati Bolmong Yanny Tuuk menggunting pita peresmian Gereja Oikumene ‘Kristus Raja’.

Hal ini, kata Pangdam, menuntut para Prajurit Armed untuk dapat menggunakan senjata artileri secara tepat, daya reaksi cepat, serta ketelitian tinggi.

Ditekankan Warsito, Prajurit Yonarmed 19/105 Tarik Bogani harus benar-benar menguasai kemampuan teknis artileri medan. Dan tanggap terhadap perkembangan teknologi sistem persenjataan, juga berupaya mengembangkan wawasannya dalam berbagai aspek. Terutama kemampuan dalam memahami dan menguasai persenjataan artileri medan yang terkini.

Pemahaman terhadap tugas pokok satuan tersebut, lanjut Pangdam, harus dapat dihayati secara benar. Terutama pada hal-hal mendasar baik pada aspek pengetahuan, ketrampilan, maupun teknis operasional satuan.

Sehingga mampu mendukung tugas pokok Kodam XIII/Merdeka. Yakni menciptakan stabilitas keamanan wilayah yang kondusif bagi lancarnya roda pembangunan di daerah. Baik yang berkaitan dengan tugas operasi militer untuk perang (OMP), maupun tugas operasi militer selain perang (OMSP).

Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM menandatangani prasasti peresmian gereja dan revitalisasi pangkalan Yonarmed 19/105 Tarik Bogani.
Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM menandatangani prasasti peresmian gereja dan revitalisasi pangkalan Yonarmed 19/105 Tarik Bogani.

Ditegaskan Pangdam, harus disadari setiap prajurit Kodam XIII/Merdeka bahwa setiap keberhasilan tugas bukanlah semata-mata ditentukan kelengkapan dan kecanggihan peralatan yang digunakan. Tapi justru lebih banyak ditentukan oleh personel yang mengawakinya. Terutama menyangkut sikap mental, disiplin, dan loyalitas tinggi disertai semangat pengabdian tulus, rela berkorban, dan tidak mengenal menyerah. Ke semuanya itu hendaknya dibangun berdasarkan landasan kokoh yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

Dalam kaitan ini, kata Pangdam, seluruh prajuit Yonarmed 19/105 Tarik Bogani dituntut untuk meningkatkan kualitas profesionalitas melalui budaya belajar dan berlatih secara tekun dan terus menerus. Sehingga setiap tugas yang diemban dapat diselesaikan sebaik-baiknya.

Selain itu, Yonarmed 19/105 Tarik Bogani adalah bagian dari masyarakat yang keberadaannya tidak terlepas dari dinamika kehidupan masyarakat di sekitar. “Karena itu, komandan satuan dituntut mampu menanamkan pada diri setiap prajurit akan arti penting menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat. Dengan tidak meninggalkan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional,” pungkas jenderal bintang dua tersebut.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here