BKKBN Optimalkan GenRe Goes To Gereja

0
170
Suasana sebelum penyuluhan di GMIM Syaloom Dimembe.

MANADO-Generasi Berencana (GenRe) Goes to Gereja menjadi salah satu upaya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) untuk memaksimalkan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Para pejabat BKKBN Sulut dan Disdukcapil Sulut ikut memberikan pertanyaan bagi peserta.
Para pejabat BKKBN Sulut dan Disdukcapil Sulut ikut memberikan pertanyaan bagi peserta.

Senin (29/1/2018), Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Dra Theodora Pandjaitan MSc memberikan penyuluhan bagi ratusan remaja di GMIM Syaloom, Desa Dimembe, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara.Tiga hal pokok ditekankan Pandjaitan sebagai bagian seruan saatnya yang muda yang berencana. Yaitu remaja yang masuk kelompok GenRe harus katakan tidak pada pernikahan dini. Katakan tidak pada perilaku seks bebas. Dan katakan tidak pada narkotik dan obat-obat terlarang (narkoba).

Menurut Pandjaitan, untuk menciptakan negara yang kuat, harus diciptakan keturunan yang berkualitas. Namun perlu kerja sama baik oleh semua instansi guna mengoptimalkan program GenRe tersebut. Apalagi kini banyak pengaruh tidak baik dari arus teknologi yang begitu cepat dan mudah diakses para remaja.

Suasana sebelum penyuluhan di GMIM Syaloom Dimembe.
Suasana sebelum penyuluhan di GMIM Syaloom Dimembe.

Pada penyuluhan tersebut, para peserta bagi laki-laki supaya menikah di atas usia 25 tahun. Sedangkan perempuan di atas 21 tahun. Dan pastinya sudah mampu menghidupi keluarga dengan adanya pekerjaan.

“Saat ini, penduduk usia produktif semakin banyak. Karena itu, jumlah penduduk tersebut wajib meningkatkan karyanya bagi Indonesia,” seru Pandjaitan.

Turut hadir pada kegiatan ini, Camat Dimembe Marco Karongkong SPt, Kepala Bidang KB Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, dan KB Sulut Dra Aneke Rondonuwu, perwakilan Dinas Kependudukan dan KB Minut, Wakil Sekretaris Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM Pnt Selfran Wungouw SE, Ketua Komisi Remaja GMIM Syaloom Dimembe Pnt Natalia Siby, Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Sulut Drs Albert Baginda, dan Kabid Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) BKKBN Sulut Jacky Sambuaga SE.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here