Puncak Lose Primadona Baru Destinasi Wisata Sangihe

0
320
Puncak Lose dengan view Teluk Kota Tahuna.

TAHUNA – Puncak Lose yang merupakan kawasan pengunungan mengitari Kota Tahuna, akhir-akhir ini ramai dikunjungi pengunjung lokal pasca terbukanya akses jalan sepanjang 10 kilometer yang menghubungkan Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara dan Kampung Bowongkulu 1 Kecamatan Tabukan Utara. Kawasan ini menjadi primadona destinasi wisata di wilayah Kepulauan.

Pemandangan kawasan kota Tahuna dengan Teluk Kota Tahuna, kawasan Tabukan Utara, wilayah Kepulauan Nusa Tabukan dan sunrise serta sunset  menjadi sajian indah nan menawan bagi setiap pasang mata ketika berada di kawasan Puncak Lose.

Tak mengherankan setiap saat puncak yang bisa ditempuh dengan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat hanya sekitar 15 menit dari Kota Tahuna setiap saat mulai pagi saat sunrise menampakkan wajah hingga sunset bahkan menjelang malam digandrungi oleh semua warga Sangihe.

Berbagai sajian kudapan untuk pengunjung yang disiapkan pedagang penghuni puncak Lose menambah betahnya pengunjung yang mendatangi dataran tinggi ini, mulai dari pisang goreng yang disuguhkan dengan berbagai jenis minuman panas, mulai beraneka jenis kopi hingga teh semakin lengkap ketika pengunjung mau menunggu sunset yang bakal mulai merasakan suhu yang dingin menjelang malam.

Pada saat-saat tertentu kawasan ini juga mampu menyajikan pemandangan tampil beda seakan negeri diawan, tak kalah kabut akan menutupi puncak Lose dan jarak pandang hanya sekitar 3 meter. Namun saat ditutupi kabut dan ketika hujan baiknya pengunjung harus menyiapkan jaket agar tubuh tetap hangat sebab saat seperti itu suhu di puncak Lose bisa mencapai sekitar 15-20 derajat celcius.

Sejumlah pengunjung yang berhasil ditemui menyatakan, baiknya ke depan kawasan Puncak Lose ini dipatenkan sebagai salah satu tempat wisata di Sangihe yang tentunya berbagai fasilitas harus disiapkan.

“Memang untuk kelengkapan fasilitas dalam menunjang puncak Lose menjadi lokasi wisata tidak segampang kita ungkapan sebab kembutuhkan alokasi anggaran yang sangat besar, namun dengan upaya serta keseriusan pemerintah untuk membangun Sangihe saya kira hal ini bukanlah suatu yang mustahil,” ungkap Ady Bawoleh salah satu pengunjung puncak Lose yang ditemui bersama keluarga.

Sementara itu sejumlah pengunjung lainnya juga mengungkapkan kalau Puncak Lose ini mampu ditata dan menjadi lokasi wisata maka akan tidak kalah bersaing dengan Puncak Bogor Provinsi Jawa Barat.

“Dan saya tetap yakin Puncak Bogor akan kalah bersaing dengan view di Puncak Lose ini. Asalkan berbagai fasilitas kelengkapan lokasi wisata mampu dibangun di wilayah ini,” ujar Verry Machmud.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here