Bupati VONNIE PANAMBUNAN Hadiri Diskusi Kelompok Terarah Terkait Tindaklanjut Rekomendasi BPK-RI

0
266
Bupati Vonnie Panambunan yang hadir didampingi Kaban KeuanganPemkab Minut Robby Parengkuan.

MANADO- Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) menghadiri diskusi kelompok terarah tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan permasalahannya se- Kepulauan Sulawesi, di Ballroom Sintesa Peninsula Hotel Manado, Senin (29/1/2018) pagi tadi.

Kegiatan yang dihadiri oleh para kepala daerah se-Sulawesi, diselenggarakan BPK Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) itu, dibuka secara resmi oleh Anggota VI BPK-RI DR H Harry Azhar Aziz MA.

Dalam sambutannya, Azhar Azis mengajak 87 kepala daerah di Pulau Sulawesi baik Gubernur, Walikota dan Bupati, untuk menghindari adanya temuan BPK yang mengarah pada proses hukum.

“Saya berharap rekomendasi yang disampaikan BPK agar segera ditindaklanjuti selambat-lambatnya 60 hari setelah diterimanya rekomendasi ini. Ini harus dilakukan jangan sampai dimasa pemerintahan bapak-ibu kepala daerah sekalian, ditemukan adanya pelanggaran keuangan yang bermuara pada proses hukum,” tukasnya.

Menurutnya, sekarang ini ada 10 persen kepala daerah di Indonesia sedang diproses hukum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kejaksaan, karena ditemukan penyelewengan yang mengakibatkan kerugian keuangan negara.

“Saya mengajak para kepala daerah untuk berkomitmen tidak melakukan tindakan korupsi yang justru merugikan diri sendiri dan pemerintahan,” tandas Azhar Azis.

Sebagai pengantar dalam diskusi tersebut dipimpin Auditor Utama Keuangan Negara VI Dori Santosa SE MM. Acara yang berlangsung penuh keakraban itu, dihadiri enam Gubernur/Wakil Gubernur se-Sulawesi termasuk Wagub Sulut Drs Steven O Kandouw.

Para Kepala Daerah yang menghadiri Diskusi Kelompok Terarah Terkait Tindaklanjut Rekomendasi BPK-RI.
Para Kepala Daerah yang menghadiri Diskusi Kelompok Terarah Terkait Tindaklanjut Rekomendasi BPK-RI.

Bupati Panambunan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan diskusi yang digelar sehari itu.

“Diskusi ini sangat bermanfaat bagi kepala daerah. Karena, dalam penyelenggaraan pemerintahan kami butuh bimbingan dan arahan dalam menciptakan clean and good government,” tukas Bupati pilihan rakyat Minut ini.

Sebelumnya, Kepala BPK-RI Perwakilan Sulut Drs Tangga Muliaman Purba menyampaikan laporan kegiatan. Terlihat mendampingi Bupati Vonnie Panambunan dalam diskusi itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Minut Umbase Mayuntu dan Kepala Badan Keuangan Minut Robby Parengkuan.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here