Tahun 2018, Pemkot Manado Tambah 40 CCTV Pantau Lokasi Rawan

0
45
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut saat berada di Command Cerdas Center memantau kondisi Kota Manado.

MANADO– Gelar Kota Cerdas memang pantas disematkan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Bagaikan miliki mata disetiap penjuru kota, aktivitas lalu lintas di jalan-jalan di Kota Manado kini bisa dipantau lewat satu ruangan, yakni Cerdas Command Center.

Di tahun 2018 ini, Pemkot Manado akan menambah 40 unit CCTV. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), tahun ini akan terpasang lagi 40 CCTV yang akan tersebar di 90 titik di Kota Manado. Pemkot Manado sendiri sudah menyiapkan dalagna sebesar Rp 40 miliar yang sudah ditata dalam APBD Kota Manado untuk CCTV, server dan jaringan optik.

“Ini memang sudah menjadi komitmen Wali Kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan SE, agar situasi dan kondisi di Kota Manado bisa dipantau lewat CCTV di Command Center. Kota Manado kini menuju Smart City,” tukas Kepala Diskominfo Kota Manado Erwin Kontu SH, Senin (15/1/2018).

Lanjut dijelaskannya, pada 2017 lalu, Pemkot Manado sudah memasang 50 CCTV yang berada di pusat bisnis, Boulevard, perempatan jalan, pertigaan jalan, sungai, dan pusat kota. Untuk penambahan 40 unit CCTV yang baru, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk dipasang dilokasi yang dianggap rawan. ”Bahkan kedepannya, Pemkot Manado juga akan menuju elektronik tilang (e-Tilang) seperti di Surabaya. Tapi kami siapkan dulu perangkatnya supaya kepolisian bisa menerapkan ini,” tutupnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here