Pembekalan Hukum Bagi Calon Pala, Kabaghukum Yanti Jadi Pemateri

0
288
Kabaghumas Manado Yanti Putri.

MANADO- Proses perekrutan calon Kepala Lingkungan atau ‘Pala’ di Kota Manado tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Panitia Seleksi (Pansel) melaksanakan pembekalan terkait tugas pokok dan fungsi ‘Pala’ di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Jumat (12/01/2018) pagi hingga siang.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Manado Budi Paskah Yanti Putri SH MH yang tampil sebagai salah satu pemateri memberikan pembekalan dari sisi aspek hukum yang menjadi salah satu tupoksi Pala.

Dalam pembekalannya, Kabaghukum memberikan penjelasan mengenai isi Perda 7 tahun 2006 tentang Pengelolaan persampahan dan Retribusi pelayanan kebersihan. Dia pun menjabarkan sesuai isi Perda 7 cara-cara penanganan sampah sampai dengan konsekuensi hukum yang bakal diterima bagi pelanggar.

“Para Kepala Lingkungan harus tahu akan isi Perda tentang persampahan. Karena dalam tugasnya, Kepala Lingkungan akan menjadi pengawas dari Pemerintah Kota dalam menerapkan aturan soal penanganan sampah. Kepala lingkungan harus paham dan mengerti isi Perda tersebut agar bisa tahu jenis-jenis pelanggaran yang telah dilakukan,” jelas Kabaghukum Manado yang akrab dipanggil ibu Yanti.

Disamping penjelasannya mengenai Perda 7 tahun 2006, Kabaghukum pun menjelaskan mengenai Peraturan Wali Kota no 7 tahun 2006 yang masih ada hubungannya dengan Perda Sampah tersebut.

Dalam kesempatan yang sama juga, Kabaghukum Yanti pun membekali para Kepala Lingkungan dengan penjelasannya mengenai isi Perda Manado 18 tahun 2002 tentang Ketenteraman dan Ketertiban.

Untuk diketahui, sesuai data yang dihimpun menyebutkan total calon ‘Pala’ yang lolos seleksi berkas sebanyak 757 orang, yang akan mengisi tugas 504 Lingkungan yang tersebar di 87 Kelurahan dan 11 Kecamatan di Kota Manado. Dan seperti diketahui terbanyak calon Pala lolos berkas dari Kecamatan Malalayang yakni 106 orang, sedangkan paling sedikit Kecamatan Bunaken Kepulauan yakni 22 orang.

CALON KEPALA LINGKUNGAN YANG LOLOS BERKAS

Kecamatan Malalayang : 106 orang
Kecamatan Sario : 51 orang
Kecamatan Wanea : 93 orang
Kecamatan Wenang : 81 orang
Kecamatan Tikala : 39 orang
Kecamatan Paal Dua : 71 orang
Kecamatan Singkil  : 89 orang
Kecamatan Tuminting : 80 orang
Kecamatan Bunaken : 37 orang
Kecamatan Bunaken Kepulauan : 22 orang
Kecamatan Mapanget : 88 orang
Jumlah : 757 orang.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here