BNN Sulut Turunkan Tujuh Anggota Tes Narkoba Kandidat Pilkada 2018

0
224
Brigjend Pol Charles Ngili.

MANADO- Hari kedua tes kesehatan bagi para kandidat Pilkada se-Sulut tahun 2018, salah satu yang diperiksa yaitu tes narkoba. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara Brigjen Charles Ngili mengatakan, sampel yang diperiksa yaitu urine.

“Diharapkan hasil pemeriksaan terhadap para kandidat baik-baik saja,” ujar mantan Wakapolda Sulut tersebut, Sabtu (13/1/2018) siang, saat ditemui usai pemeriksaan di ruang Medical Check Up Gedung Poliklinik Eksekutif RSUP Prof Kandou Manado.

Brigjen Ngili yang mendampingi tujuh orang anggota BNN Sulut sejak pukul 07.00 Wita menuturkan, jika nantinya dalam pemeriksaan sampel ditemui hal mencurigakan maka akan dikirimkan ke pusat untuk pemeriksaan lanjutan.

“Itu adalah SOP yang berlaku di BNN,” sebut Brigjen Ngili.

Namun dirinya menegaskan, jika ada kandidat yang sampel urine-nya ditemui mengandung obat-obatan dan diperkuat rekomendasi dokter, hal tersebut sah saja. Diakui Ngili, para kandidat yang ikut pemeriksaan adalah peserta Pilkada dari Minahasa, Sitaro, Talaud, Kotamobagu, dan Bolmong Utara.

“Untuk peserta Pilkada dari Mitra akan dikoordinasikan dengan pihak KPU,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulut dr Franckie Maramis MKes PKK SpKT menambahkan, tes kesehatan kali ini mencakup pemeriksaan jasmani. Di antaranya, pemeriksaan laboratorium, jantung, mata, THT, radiologi/rontgen, echo cardiografi.

“Usai makan siang dilanjutkan treadmill di Instalasi CVBC (Cardio Vaskuler and Brain Center),” tandas Maramis.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here