Deklarasi, Launching, Peresmian Kebersamaan Masyarakat Lenganeng Bersama Gahagho

0
226
Bupati Jabes E Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong SE (Gahagho) saat deklrasi stop buang air besar sembarangan (BABS), launching web Kampung Lenganeng hingga peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

TAHUNA -Diawal tahun anggaran 2018, kembali pemerintahan Bupati Jabes E Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong SE (Gahagho) melayani dan menyapa langsung masyarakat Kampung Lenganeng Kecamatan Tabuan Utara, Jumat (05/1/2018).

Temu akrab pemerintah dan masyarakat tersebut dalam rangkaian kegiatan deklrasi stop buang air besar sembarangan (BABS), launching web Kampung Lenganeng hingga peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, sukacita sebagai Bupati di awal tahun 2018 ini, bisa melakukan sebuah terobosan baru dari kampung Lenganeng, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat. Antara lain menyukseskan program Stop BABS dan launching web kampung hingga pendirian BUMDes Kampung Lenganeng.

Kondisi ini merupakan sebuah proses untuk kemajuan kampung dan juga terobosan berkaitan dengan pengelolaan dana desa. Terobosan ini merupakan kerinduan kita semua.

“Juga terobosan untuk pengelolaan Pupuk Organik yg sudah memiliki rumah produksi di Kampung Lenganeng dan itu dikelolah oleh BUMDes. Kita semua berharap program terobosan yg dilakukan kampung lenganeng ini, berimplikasi baik terhadap kampung lain. BUMDes menjadi perhatian pusat, sehingga pemerintah daerah berupaya terus mendorong setiap kampung dalam pengelolaan dana desa,” jelas Gaghana.

Lebih lanjut Gaghana menyatakan sebagai wilayah yang memiliki penduduk dengan mata pencaharian sebagai petani, maka kehadiran BUMDes yang memiliki usaha pengelolaan pupuk organik sangat tepat dan diharapkan mampu memproduksi pupuk guna kepentingan masyarakat.

“Saya sangat berharap setelah mampu dalam pemenuhan kebutuhan pupuk untuk petani di Kampung Lenganeng, ke depan harus ada langkah maju untuk pengembangannya. Saya kira bukan tidak mungkin kalau rumah produksi pupuk organik ini bisa dikelola serta di managemen dengan baik akan berkembang sehingga BUMDes Kampung Lenganeng akan menjadi salah satu sentra pupuk organik bagi Kabupaten Sangihe,” harap Gaghana.

Setelah acara deklarasi dan launcing dilaksanakan, dilanjutkan dengan peninjauan ke rumah produksi pupuk organik. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Sangihe Dra Ririswaty Gaghana Katamsi, pimpinan SKPD serta sejumlah undangan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here