Cuaca Buruk, Dishub Manado Imbau Pemilik Kapal Lengkapi Fasilitas Keselamatan

oleh -156 Dilihat
Rommy Tumenkol (kanan) dan M. Sofyan (kiri)

MANADO- Kondisi cuaca di perairan Manado yang tak menentu serta tingginya gelombang laut dan kuatnya hembusan angin harus diwaspadai pengusaha atau operator kapal.

Hal tersebut diutarakan Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado M.Sofyan AP MSi melalui Kabid Pelayaran Rommy Tumengkol. Menurutnya, keadaan cuaca yang sering berubah-ubah bisa mempengaruhi tingginya terjangan ombak sehingga berpotensi untuk terjadinya kecelakaan di laut.

” Para operator atau kapten kapal harus bisa membaca kondisi perairan. Apabila tak memungkinkan untuk melaut lebih baik ditunda atau dibatalkan perjalanannya. Disamping itu, kesiapan alat bantu keselamatan di kapal haruslah dilengkapi,” tukas Tumengkol menjawab pertanyaan sulutaktual.com, Selasa (19/12/2017).

Lanjutnya, Dishub Manado melalui bidang perhubungan laut telah melakukan sosialisasi kepada pemilik kapal tentang antisipasi dan Keselamatan dalam pelayaran beberapa waktu lalu di Pulau Bunaken.

“Dalam sosialisasi tersebut, Dishub juga melaksanakan pemeriksaan kelengkapan surat surat kapal serta kelayakan kapal untuk berlayar. Dalam kegiatan tersebut, petugas Dishub juga memeriksa kelelengkapan alat keselamatan di kapal serta mesin kapal,” tutup Tumengkol.

(Budi)

No More Posts Available.

No more pages to load.