Wujudkan Manado Bersih, DLH Manado datangkan Mobil Rod Sweeper

0
18
Rod Sweeper atau mobil penyapu jalan.

MANADO – Perang terhadap sampah dan membuat Kota Manado bersih merupakan salah satu program utama Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Segala daya dan upaya untuk menciptakan Manado bersih dilakukan Pemkot Manado lewat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado.

Demi mewujudkan program Pemkot Manado dalam penanganan persoalan kebersihan, DLH Kota Manado telah mendatangkan mobil Road Sweeper (kendaraan penyapu jalan)

Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Linhkungan Hidup (Kadis LH) Kota Manado Yohanis Bernard Waworuntu SE MSi kepada sulutaktual.com, Kamis (7/12/2017).

“Ini sudah menjadi program yang telah direncanakan oleh DLH. Rod Sweeper adalah teknologi canggih dalam mengatasi sampah. Disamping biaya operasional yang murah, Rod Sweeper juga bisa meminimalisir biayan yang lain,” tukas Waworuntu.

Lanjut dikatakannya, fungsi kendaraan penyapu jalan ini adalah mengumpulkan sampah dan menyedot sampah-sampah tersebut ke dalam bin-bak sampah yang terbuat dari stainless steel sehingga tahan dari karat. Kendaraan penyapu road sweeper tersebut dioperasikan cukup oleh satu orang. Sistem pengoperasikan kendaraan penyapu jalan menggunakan elektrikal hydraulis, sehingga sangat memudakan untuk pengoperasiannya.

“Bahan bakarnya pun pakai solar, dengan mesin sudah standard euro-3, yang dijamin ramah lingkungan. Kendaraan penyapu jalan mempunyai area penyapuan 3 meter lebar jalan dengan kecepatan kendaraan 20 km/jam. Sehingga sangat efektif dan efisien untuk melakukan pekerjaan penyapuan di jalan raya dan jalan-jalan komplek. Dalam satu jam pekerjaan dapat menyapu area seluas 60.000 meter. Dengan menggunakan kendaraan penyapu jalan sangat dapat menghemat biaya pekerja penyapu manual, dan menghindari resiko kecelakaan pekerja penyapu. Pekerja penyapu dapat ditingkatkan efektifitasnya untuk menyapu ditaman-taman,” tutupnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here