Wakili GSVL, Xaverius Runtuwene Buka Kejuaran Catur Piala Wali Kota Manado

0
154

MANADO- Pemerintah Kota (Pemkot) Manado begitu peduli akan kemajuan cabang olah raga catur. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya Kejuaraan Catur Cepat 25 Menit ‘953 Prisma Chess Open 2017’ memperebutkan Trophy Tetap Walikota Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MS DEA (GSVL), yang digelar selama dua hari berturut 11-12 Movember 2017 di ruang Serba guna Pemkot Manado.

Ketua Panitia perhelatan kejuaraan catur ini, Vekky Tenda mengatakan Kejuaraan Catur ini dalam rangka mengenang almarhum Bapak Habel Yesaya Runtuwene yang juga mantan ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) kota Manado

“Kejuaraan ini sepenuhnya didedikasikan untuk almarhum Bapak Habel Runtuwene. Kepeduliannya terhadap perkembangan catur di Kota Manado begitu tinggi. Oleh karena itu, PERCASI kota Manado sepakat untuk menjadikan tanggal 3 Oktober sebagai agenda tahunan Kejuaraan Catur untuk mengenang beliau,” ujar Tenda.

Kejuaraan catur yang terbagi dalam dua kategori, yakni kategori perorangan dan kategori beregu, diikuti oleh pecatur junior maupun profesional yang ada di kota Manado. Disamping itu juga, ada beberapa undangan untuk utusan dari kabupetan/kota di Sulawesi Utara, seperti dari Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bitung, Kotamobagu, Bolmong dan Tomohon. Tak kurang menambah semaraknya kejuaraan ini, utusan – utusan dari siswa sekolah se-Sulut dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMU, ikut meramaikan perhelatan ini.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Xaverius A Runtuwene yang juga putra dari almarhum Habel Yesaya Runtuwene, saat mewakili Wali Kota Manado membuka kejuaraan catur ini, dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya akan semangat dan kerja keras yang ditunjukkan almarhum hingga akhir hidupnya.

“Semangat dalam berkarya untuk Kota Manado yang ditunjukkan almarhum di masa hidupnya begitu tinggi. Almarhum pun dengan hobinya bermain catur juga membuat bangga keluarganya, karena sampai akhir hayat daya juangnya tidak pernah habis. Sampai akhir hayatnya almarhum terus berkarya bagi keluarga dan Pemerintah kota Manado,” kenang Xave panggilan akrab Kasat Pol PP Kota Manado ini.

Kasat Pol PP Xaverius membuka Kejuaraan ini secara simbolis dengan pertandingan catur.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here