Hindari Kerugian. Kontu: Jangan Posting Data Pribadi di Medsos

0
409
Erwin Kontu SH.

MANADO- Di era media sosial (medsos) seperti sekarang ini, privasi sepertinya sudah dianggap tidak terlalu penting. Acap kali ditemui para pemakai medsos disadari maupun tidak mengumbar data pribadi ke akun medsosnya, seperti halnya yang lagi menjadi tren di medsos facebook saat ini yakni memposting nama lengkap kedua orang tuanya (nama ayah dan nama gadis ibunya).

Menurut Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Manado Erwin Kontu SH, memposting data pribadi ke medsos haruslah dihindari. Karena tanpa disadari data pribadi kita bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk meraih keuntungan pribadi.

“Sebagai contoh yang lagi jadi tren saat ini memposting nama keluarga, baik nama ayah maupun ibu secara lengkap. Mungkin karena mereka tidak tahu risiko yang akan dihadapi jika mereka terlalu banyak mengumbar privasi,” ujar Kontu kepada sulutaktual. com.

Agar diketahui lanjut Kontu, apabila kita pernah berhubungan dengan pihak Bank, baik untuk membuka rekening ataupun dalam pembuatan credit card, ada bagian pada form isian yang meminta kita harus mengisikan nama lengkap ibu kandung. Hal ini bukanlah sekedar pelengkap saja, pasti ada maksud tertentu dibalik ini.

” Menurut beberapa pendapat dari para bank officer, nama gadis ibu kandung digunakan sebagai “super password” otentikasi user karena bagi seseorang hampir tidak pernah lupa dengan nama ibu kandungnya sendiri dan bagi orang lain, hampir tidak pernah tahu nama gadis ibu kandung seseorang. Hal ini lebih kepada faktor keamanan nasabah,” jelas mantan Kabaghumas Pemkot Bitung ini.

Super password ini nantinya digunakan antara lain saat verifikasi customer service, laporan kehilangan, atau blokir aplikasi, tambah Kontu.

“Jadi, berhati hatilah jika menggunakan medsos, ada hal yang tanpa kita sadari bisa merugikan diri kita sendiri. Jagalah data pribadi kita dan jangan pernah mengumbarnya ke medsos,” pesan Kontu.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here