Cegah Kanker Serviks Dini, Ketua TP-PKK Bolmong Gelar Penyuluhan Dan Pemeriksaan

0
109
Suasana penyuluhan pencegahan kanker serviks dan payudara.

BOLMONG–Penyakit kanker serviks dan payudara, kian mengancam. Pasalnya, penderita penyakit mematikan tersebut terus meningkat. Ya, tercatat di Indonesia setiap tahun tidak kurang dari 15.000 kasus kanker serviks yang terjadi, dan 20 dari 40 penderita meninggal dunia setiap hari.

Kanker serviks merupakan masalah kesehatan yang paling umum pada wanita, yang dialami oleh lebih dari 1.4 juta wanita di seluruh dunia. Ini hal yang tak bisa dianggap sepele, dan wajib menjadi perhatian serius, apalgi bagi para kaum wanita.

Hal itu yang membuat, Ketua TP-PKK Bolmong Lesly Lanny Kaligis untuk terus mendorong para perempuan di Bolmong untuk tidak malu-malu melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini.

“Sebagai wanita kita harus periksa kesehatan secara dini, sehingga cepat terdeteksi. Sayangi keluarga, jangan sampai terlambat, sehingga apabila kita sakit, kita bisa mengatasinya secara dini,” ungkap Lesly saat pelaksanaan kegiatan penyuluhan Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara Selasa, (31/10/2017) di kantor Pemkab Bolmong.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program dari Ibu Negara RI yakni IbuĀ  Hj Iriana Joko Widodo, melalui organisasi aksi solidaritas era kabinet kerja. Namun kata Lesly, ini juga semua untuk kebaikan kita semua, karena kesehatan keluarga juga sangat tergantung pada kepekaan perempuan.

Karena itu dirinya mendorong kerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan Bolmong untuk menggelar pemeriksaan kanker serviks dan payudara ini.

“Ya, kami menggelar pemeriksaan ini, sebagai pembiasaan untuk memeriksa kesehatan pribadi secara dini. Kiranya ini juga bisa menjadi contoh bagi semua,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk dalam sambutan mewakili Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, ini sangat positif sehingga dengan pemahaman seperti ini, kesadaran kaum perempuan yang semakin peduli terjadap kesehatan terus meningkat.

“Mengingat angka kematian akibat kanker leher rahim dan kanker payudara masih sangat tinggi. Makanya, pendidikam kesehatan secara dini berkesinambungnan dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan,” tutur Wabup.

Karena itu lanjut dia, sangat penting untuk dilaksanakannya penyuluhan dan deteksi dini kanker serviks dan payudara melalui test iva ini, serta menngajak mayarakat Bolmong untuk mengkampanyekan gerakan nasional ini.

“Dengan cara melakukan pola hidup sehat serta mernerapkan perilaku cerdik, atau (C) cek kesehatan secara berkala. (E) enyahkan rokok sekarang juga, (R) rajin aktivitas fisik (D) diet sehat dengan kalori seimbang, (I) istrahat yang cukup, (K) kelola stres,” tutupnya.

Pantauan media ini, ratusan perempuan Pemkab Bolmong mengikuti kegiatan tersebut. Dari hasil pemeriksaan puluhan wanita yang siap diperiksa, belum ada yang menderita penyakit ini.

(Nawi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here