Peringati HSP ke-89, Perguruan Tinggi se Sulut Deklarasi Kebangsaan

0
344

MANADO- Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 89 digelar di Lapangan Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, Sabtu (28/10/2017) sore.

Dalam peringatan HSP tersebut juga dilaksanakan Deklarasi Kebangsaan oleh perguruan tinggi se-Sulut, dengan tema “Pemuda Indonesia Berani.”

Ribuan peserta yang terdiri dari civitas akademika se Sulut dari berbagai kampus diantaranya dari Unsrat Manado, Unima, Unsrit, Unklab, Univ. Katolik De La Salle Manado, Univ. Prisma Manado, Univ. Teknologi Sulut, Univ. Pembangunan Indonesia Manado, STIE Budi utomo, STIE El Fatah Manado, STIE Pariwisata Manado, STIE Petra Bitung, ST Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Manado, ST Ilmu kesejateran Manado, STI Kesehatan Graha Medika Kotamobagu, STI Pariwisata Manado, ST Bahasa Asing Bumi Beringin Manado, ST Fisafat Seminari Pineleng, STAKEN Manado, IAIN Manado, Politekes Manado, Politeknik Manado, ITM Tomohon, AMI Bitung, Akper Rumkit tingkat III Manado, Akper Totabuan, Akper Metuari Waya Manado, Akper Gunung Maria Tomohon, Akper Bethesda Tomohon, Akademi bunda kotamobagu dan Akademi Kebidanan Trinita Stikes Manado.

Deklarasi Mahasiswa Anti Radikalisme yang dibacakan oleh perwakilan Mahasiswa se-Sulut, melahirkan beberapa tekad yaitu:
1. Bertekad menjadikan empat konsensus nasional, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI adalah “harga mati” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Bertekad menanamkan jiwa dan sikap kepahlawanan, kesadaran bela negara dan cinta tanah air kepada seluruh mahasiswa dan generasi muda bangsa guna menjaga keutuhan NKRI dengan penuh dedikasi dan penuh tanggungjawab.
3.Bertekad mengamalkan nilai-nilai ajaran agama yang inklusif, moderat, menghargai kemajemukan dan keragaman budaya.
4. Bertekad menolak faham radikalisme, terorisme dan sikap intoleransi, serta berbagai bentuk kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila dan anti NKRI, diseluruh kampus dan tanah air Indonesia.

Selanjutnya Deklarasi Pimpinan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme oleh Rektor Unsrit Jost Rumampuk, Rektor IAIN Rukmina Gonibala dan Rektor AMI Bitung Ibu Frety:
1. Satu ideologi Pancasila
2. Satu Konstitusi UUD tahun 1945
3. Satu negara NKRI
4. Satu semboyan Bhinekka Tunggal Ika
5. Satu tekad melawan radikalisme dan intoleransi

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc.DEA, Kaban Kesbangpol Sulut, Steven Liow,S.Sos, Pimpinan Perguruan Tinggi se-Sulut guna mendeklarasikan anti Radikalisme di Indonesia.

(Ferdian)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here