KPUD Pastikan Hanya 13 Parpol Peserta Pemilu 2019 di Sangihe

0
286
Jeck Seba.

TAHUNA -Deadline akhir pemasukan berkas Partai Politik (Parpol) sebagai peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Kepulauan Sangihe secara resmi baru 13 Partai Politik yang memasukan berkas sesuai dengan syarat dan aturan yang telah ditetapkan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sangihe, Jeck Seba Kepada awak media menyatakan sesuai dengan tahapan 16 Oktober 2017 adalah batas akhir pendaftaran bagi Partai Politik (Parpol), namun demikian ada surat dari KPU RI menambah waktu untuk setiap Parpol yang sudah terdaftar di sipol diberi waktu 1 x 24 jam untuk memasukkan dokumen. Tapi hingga batas waktu yang ditentukan ada 7 Parpol tidak memasukan berkas, sehingga pihak KPUD Sangihe memutuskan 13 Parpol resmi sebagai peserta Pemilu 2019.

Ke 13 Parpol tersebut diantaranya, Partai Golkar, Perindo, Gerindra, Nasdem, PDI-P, PKPI, Republik, PKB dan Partai Amanat Nasional.

“Semua partai yang lama semua lengkap dokumennya, sedangkan Parpol yang baru dan sudah lengkap dokumen yakni Perindo dengan Republik. Jadi yang kemarin itu yang sudah dinyatakan lengkap ada 13 Parpol,” ujar Seba. 

Lanjut dikatakannya, sedangkan Parpol yang hingga hari terakhir tidak memasukan berkasnya ada sebanyak tujuh Parpol.

“Memang ke tujuh Parpol ini sudah masuk dalam Sipol akan tetapi berkasnya tidak dimasukan,” jelasnya. 

Dikatakannya lagi, Parpol yang dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2019 telah melengkapi berkas diantaranya, Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Dimana tambah Sinadia, sesuai jumlah penduduk di Kabupaten Sangihe 141.950 jiwa setiap Parpol harus mengantongi 151 KTA dan KTP.

“Nantinya KPU dalam jangka waktu 30 hari kedepan akan melakukan penelitian administrasi dari 13 Parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu 2019″, pungkasnya.

(sam).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here