Sosialisasi Bela Negara di SMK Negeri 1 Manado

0
187

MANADO – Para siswa SMK Negeri 1 Manado melaksanakan Sosialisasi Bela Negara sesuai imbauan Kaban Kesbangpol Sulawesi Utara (Sulut). Mereka secara serius mendengungkan Bela Negara di Sulut.

Senin (18/9/2017) kemarin, giliran SMK Negeri 1 Manado menerima kunjungan tim Bela Negara ini. Pemateri yang hadir yaitu Dr. Daud Pangkey, Prof Dr. Drs Robby Walalangi, M.Sc, MM, M.Pd yang penuh semangat menyampaikan materi.

Salah satu Siswa tampil ke depan membacakan UUD 1945. Dalam paparan yang disampaikan Dr. Daud Pangkey menyampaikan bahwa negara ini berdiri sudah sesuai dengan Nasionalismenya yang dicetuskan oleh Ir Soekarno sebagai Founding Father NKRI.

“Maka bila saat ini ada yang akan membentuk negara Khilafah sangat tidak sesuai di NKRI yang terdiri dari berbagai Suku, Ras dan Agama,” cetus Daud.

Selanjutnya Prof Dr. Drs Robby Walalangi menjelaskan terkait Pancasila yang menjadi kepribadian seluruh manusia ciptaan Tuhan.

“Pancasila adalah kepribadian kita sebagai manusia ideal ciptaan Tuhan, bangsa Indonesia. Jadi manusia yang Pancasila yaitu yang berketuhanan, berkemanusiaan,” ucap Prof Robby

Selanjutnya ketua Forum Bela Negara (FBN) Manado, Fernando Melo memimpin Yel yel Bela Negara dihadapan seluruh peserta. Dan menanyakan apakah siap Bela Negara, dan seluruh siswa SMK N 1 menjawab dengan kompak dan yakin “SIAP BELA NEGARA”

Cinta terhadap tanah air juga merupakan Bela Negara. Bukan dengan mengangkat bambu runcing dan senjata namun cukup dengan Belajar yang baik karena prediksi 28 tahun ke depan Indonesia akan menjadi negara besar ke 4 di dunia” ungkap Ketua tim Sosialisasi, Rudi Hermanus

Kegiatan pun ditutup dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang siswa yang merupakan pengurus OSIS bidang Kerohanian. Acara berlangsung baik dan SMK N 1 Siap Bela Negara.

(Yuni)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here