SatPol PP Manado dan Satgas GEMPITA Sidak ASN ‘Keluyuran’ Saat Jam Kerja

0
2139

MANADO- SatPol PP kota Manado dan Satgas GEMPITA (Gerakan Masyarakat Pintar Taat Aturan) menggelar operasi rutin di wilayah kota Manado, Selasa (19/9.2017) siang tadi.
Operasi ini di lakukan untuk mendata ASN yang berada di luar kantor (keluyuran) saat jam kerja.

Operasi ini dilaksanakan disejumlah tempat, seperti Rumah Makan, kedai-kedai kopi, pusat perbelanjaan seperti MTC, Mega mall dan IT Center.

“Kami dari Satgas GEMPITA adalah satuan khusus dari Pemkot Manado yang bersama SatPol PP melakukan sidak terhadap ASN yang berada di luar kantor saat jam kerja. Dan ini hanya merupakan operasi pendataan, dan nantinya akan dikordinasikan dengan SKPD terkait, baik di Pemkot Manado maupun di Pemprov Sulut, yang ASN nya kedapatan berada diluar kantor saat jam kerja,” tukas Maxi Malonda ketua Satgas GEMPITA.

Dalam operasi kali ini, Tim memdapati sejumlah ASN yang berkeliaran disejumlah tempat perbelanjaan meski masih dalam waktu jam kerja. Dan anehnya, sejumlah oknum ASN yang kedapatan keluyuran terkesan menolak untuk memberitahukan identitasnya.

Saat dilakukannya operasi di sejumlah titik perbelanjaan, di dapati banyak ASN yang keluyuran saat jam kerja. Waktu ditanyakan petugas, ada beberapa ASN yang menolak untuk didata dengan berbagai macam alasan.

“Maag saya kambuh, makanya saya singgah untuk mengisi perut dulu. Saya ditugaskan sebagai guru pendamping di SMK Negeri 1 Manado,” ujar seorang oknum ASN yang merupakan seorang guru di SMP Negeri 1 Manado sambil menunjukkan surat tugasnya.

Kabid Tribum dan Tranmas SatPol PP Manado Dedy Markus Nale SIP kepada sulutaktual.com mengatakan, Sidak yang dilakukan ini adalah bersifat pendataan bagi ASN yang kedapatan berada di luar kantor saat waktu jam kerja. Nanti data tersebut akan diteruskan ke instansi terkait untuk ditindaklanjuti lebih lanjut.

“Seperti halnya yang kita temui di lapangan sewaktu sidak tadi, ada guru yang mengaku sudah selesai jam mengajar padahal masih jam 02:00. Kami pun mengecek langsung ke Dinas Pendidikan untuk mempertanyakan soal jam kerja. Dan ternyata oknum guru tersebut berbohong,” tutup Dedy seraya menambahkan SatPol PP Manado dan Satgas GEMPITA akan rutin mengadakan operasi agar para ASN bisa lebih disiplin dan tidak sembarang keluyuran lagi.

(Ismail)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here