Musim Penghujan Tiba. Waworuntu: Jaga Kebersihan, Jangan Buang Sampah ke Sungai

0
110
Yohanis Waworuntu.

MANADO- Memasuki bulan bulan akhir tahun, wilayah Sulut lebih khususnya Kota Manado mulai diguyur hujan. Kota Manado sudah memasuki musim penghujan. Hal ini patut diwaspadai warga Kota Manado akan ancaman bahaya banjir yang pernah melanda Kota Manado beberapa tahun terakhir ini.

Menyadari akan perubahan cuaca ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado Yohanis B. Waworuntu, SE, MSi, memberi imbauan.

” Saat ini kita telah memasuki musim penghujan. Saya mengimbau dan mengingatkan agar selalu waspada dan tetap menjaga kebersihan lingkungannya, serta tidak membuang sampah dalam kapasitas yang besar secara sembarangan, karena bisa saja akan menyebabkan banjir,” ujar Waworuntu.

Lanjut mantan Kadis Kominfo ini, terlebih khusus juga bagi warga yang bertempat tinggal dekat sungai ataupun di pesisir pantai untuk tidak menjadikan sungai dan laut sebagai tempat sampah.

Dampak dari pembuangan sampah ini lanjutnya, akan sampai ke Perairan Bunaken yang sama sama kita tahu merupakan aset daerah bahkan nasional.

“Mari kita bersama (Pemerintah dan Warga) berkolaborasi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Meski petugas Kebersihan DLH Manado setiap harinya secara rutin memaksimalkan pembersihan pembersihan di DAS/Sungai dan Laut, namun tanpa dibarengi dengan kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, maka sampah akan tetap berada ditempat tempat yang tidak semestinya berada,” pintanya.

Waworuntu juga menginformasikan bahwa telah ada 5 (lima) titik muara Sungai yang telah dipasang Kubus Apung yang fungsinya untuk menghalau dan nenghadang/menghalangi agar sampah tak masuk ke Laut. Akan tetapi alangkah baiknya juga dibarengi dengan kesadaran warga agar (sekali lagi) tidak membuang sampah disembarang tempat, tandas Kadis murah senyum ini.

” Mari kita bersama sama mewujudkan Manado Bersih dan Sehat,” tutup Waworuntu sambil mengimbau agar tetap waspada akan perubahan cuaca ini.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here