IMG_20170913_204326

Pemkab Minut Gelar Bimtek Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018

MINUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) lewat Badan Keuangan Minut menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2018, Rabu (13/09/2017),  di Hotel Sutanraja.

Bupati Minut Vonnie A Panambunan yang hadir dalam Bimtek tersebut mengatakan, berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah merestui kegiatan ini digelar bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemkab Minut.

“Saya berharap peserta bimtek ini bisa mengikuti setiap materi yang diberikan dengan serius sehingga kedepan dapat menjalankan tugas dan menjadi pribadi yang taat terhadap perundang-undangan,” ungkap Panambunan.

Dikatakan VAP sapaan akarab Vonnie Panambunan, semogaTuhan Yang Mahakuasa membimbing kita semua dalam tugas dan tanggung jawab sebagai SKPD dan ASN yang bertanggung jawab dalam kinerja yang dipercayakan.

“Kiranya dengan digelar kegiatan Bimtek Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah 2018 ini dapat memberikan pemahaman bagi kita sekalian, terutama dalam mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ucap Bupati Pilihan Warga Minut itu.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut Hengky Kwinhatmaka SE.ME dalam sambutannya mengatakan, Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena pada kesempatan pemberian opini 2016 kemarin berkat bimbingan dan komitmen Bupati Minahasa Utara sehingga Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2016 sudah memperoleh Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) perwakilan Sulut untuk yang kedua kalinya.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan, bagaimana mempertahankan Opini WTP ini dengan pendekatan penerapan dan penyelenggaraan sistem pengendalian hindaran Pemerintahan dilingkungan Pemerintah Daerah secara khusus Kabupaten Minahasa Utara,” ungkap Kwinhatmaka.

Lanjut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulut itu, agar tata kelola keuangan bisa lebih baik dan transparan serta akuntabel yang memang ujungnya adalah dalam pelaksanaan audit BPK RI dapat diberikan opini WTP walaupun mungkin ada beberapa hal yang masih menjadi catatan BPK, namun saya belum memperoleh datanya terkait hal-hal yang masih perlu perbaikan.

“Saya ucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan kami atas nama BPKP juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang selama ini diberikan dalam membimbing dan mendampingi secara khusus dalam pengelolaan keuangan,” ucap Kwinhatmaka.

Hadir Dalam Kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minut Ir Jemmy Kuhu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Rivino Dondokambey, Kepala Badan Keuangan  Robby Parengkuan SH.

(Marvil)