Kesbangpol Sulut gandeng berbagai elemen dalam sosialisasi Bela Negara

0
237

SULUT- Setelah dicanangkannya sekolah Bela Negara beberapa waktu lalu. Kaban Kesbangpol Sulut, Steven Liow terus menggemakan Bela Negara ke berbagai Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Sulut.

Giliran SMK N 2 Manado yang pada Senin (4/8/2017) pagi mendapatkan kunjungan dan sosialisasi Bela Negara. Kaban Kesbangpol juga tidak hadir sendiri melainkan datang bersama Akademisi STIE Pioneer, Prof Dr Drs Roby Walalange, MM, MA, M.Pd, Ketua Forum Bela Negara Manado, Fernando F Melo, SE, ketua Gabungan Wartawan Indonesia, Rudi Hermanus beserta tim.

Dalam sosialisasi yang dilakukan ini memang Kesbangpol menggandeng berbagai elemen yang terdiri dari akademisi, wartawan maupun FBN yang dibentuk beberapa waktu lalu guna mengefektifkan penyampaian materi Bela Negara di kalangan siswa.

Dalam paparannya Prof Dr Drs Roby Walalange menyampaikan tentang Pancasila yang menjadi karakter bangsa Indonesia.

“Konsep kebangsaan yang paling utama adalah penguasaan bahasa Indonesia, sebagai manusia Indonesia yang memiliki kepribadian, ada 5 karakter manusia menurut bung karno yaitu pengakuan terhadap Tuhan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Dan ini semua dituangkan ke dalam Pancasila maka dengan memiliki kesamaan karakter kebangsaan ini kita memiliki satu tujuan untuk memakmurkan seluruh bangsa Indonesia,” jelas Prof Walalange yang menjelaskan dengan semangat.

Selain itu juga disinggung adanya tindakan radikalisme dan intoleransi yang saat ini menjadi isu nasional, maka dengan Bela Negara ini dapat mencegah ancaman tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua GWI, Rudi Hermanus juga angkat bicara.

“Kita harus mencintai bangsa Indonesia agar terjaga dari isu intoleransi, radikalisme dan isu pemecah belah bangsa lainya. Maka dengan bela negara ini bukan berarti kita angkat senjata, dengan mencintai Pancasila dan tanah air maka itu bagian dari Bela Negara,” pungkas Rudi

kegiatan disambut antusias para siswa SMK N 2, hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa kepada para narasumber.

“Saya sangat bangga dengan antusiasme para siswa yang menyambut kedatangan kami ini dengan semangat. Karena sebagai generasi penerus ke depan mereka inilah yang akan meneruskan perjuangan bangsa melalui pembangunan,” ucap Ketua FBN Manado Fernando Melo, SE yang tak pernah ketinggalan dalam menyuarakan Bela Negara di Sulut ini.

(Ferdian)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here