Bupati VAP Hadiri HUT Desa Talawaan ke-357

0
74

MINUT — Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie A. Panambuan bertatap muka dengan masyarakat Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan Minahasa Utara.. Kunjungan Bupati Minut itu dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 357 Desa Talawaan, Sabtu (19/08/2017) kemarin.

Kedatangan orang nomor satu di Minut itu disambut baik oleh masyatakat setempat. Tak hanya itu VAP sapaan akrab Vonnie Panambunan ikut menari dan bernyanyi bersama dengan masyarakat khususnya para lanjut usia (Lansia).

Selain Bupati Panambunan, sejumlah pejabat Pemkab Minut juga turut hadir, diantaranya Asisten I Pemkab Minut Rivino Dondokambey, dan Camat Talawaan Johan Wewengkang.

“Saya senang sekali berada disini. Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Desa Talawaan. Semoga masyarakatnya semakin sejahtera dan saling mengasihi,” ujar Panambunan¬†

Sementara, Hukum Tua Desa Talawaan Christian Charles Umboh mengatakan boleh menapaki usia ke-357 adalah sebuah anugerah besar bagi desa yang terbentuk sejak tahun 1.660 itu.

“Harapannya di usia ini masyarakat lebih dewasa untuk bisa bersama-sama dengan pemerintah membangun daerah,” ucap Umboh

Dijelaskannya, dalam sejarahnya Desa Talawaan dahulu bernama Winawaan yang berarti daerah yang turun ke bawah.

“Dulunya para tua-tua kampung tinggal di atas bukit arah jalan ke Desa Tatelu, tapi karena ada bencana penyakit, tua-tua desa mencari lokasi yang baru. Lalu ketika dalam perjalanan mereka melihat ke bawah, ada tanah yang baik dan luas cocok untuk jadi tempat tinggal. Makanya tua-tua desa mulai tinggal disitu, dan menamainya Winawaan kemudian seiring waktu diubah menjadi Talawaan,” ujar Umboh.

Sekitar tahun 1.700, Desa Talawaan telah mengalami 24 kali pergantian Hukum Tua. Kini, desa tersebut dihuni sekitar 3000 jiwa dengan 1000-an Kepala Keluarga (KK) yang terbagi dalam wilayah 12 jaga.

Desa Talawaan pun dianugerahi tanah yang subur sehingga menjadi lumbung padi Kabupaten Minut. Ada juga beberapa lokasi wisata alam salah satunya air terjun Tunan yang indah.

Umboh berharap kedepan pemerintah kabupaten bisa memperhatikan infrastruktur jalan  menuju air terjun Tunan, sehingga kunjungan wisatawan kembali meningkat seperti tahun 2015 silam.

Demikian juga sebagai desa yang memiliki kebun sawah terbesar di Minut, para petani pun membutuhkan bantuan alat pertanian sehingga produktifitas meningkat.

Mensyukuri HUT ke-357, Pemerintah Desa pun menggelar berbagai lomba, pawai lampion, pidato bahasa daerah, ada juga doa berantai diikuti seluruh warga masyarakat serta penggalangan dana untuk membeli sebidang tanah dijadikan lapangan olahraga.

“Harapannya di usia ini masyarakat lebih dewasa untuk bisa bersama-sama dengan pemerintah membangun daerah. Giat bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan karena pemerintah berupaya untuk bisa membangun apa yang menjadi keinginan masyarakat, terlebih lewat dana desa sudah dimanfaatkan untuk¬† bidang pertanian seperti perbaikan jalan produksi pertanian supaya masyarakat lebih giat menanam,” harap Umboh.

(Marvil)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here