Walikota GSVL: Bisa Pantau Harga Pangan Dari Command Cerdas Center

0
19

MANADO — Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) bersama Wakil Walikota Mor Bastiaan patut dipuji. Terobosan menghadirkan Cerdas Command Center (C3), benar-benar sangat membantu. Salah satunya dengan kegiatan pengawasan harga pangan yang secara up to date menyajikan data riil dilapangan.

Walikota GSVL usai kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di Jakarta, Kamis (27/7/2017). Mengatakan, Pemkot Manado memiliki Cerdas Command Center yang salah satu fungsinya mengawasi harga pangan yang berlaku di pasar.

“Melalui aplikasi TauPang, layar di Command Center bisa memperlihatkan harga pangan sesuai kejadian dilapangan. Dimana, data yang disajikan akurat bekerjasama Bank Indonesia (BI). Sehingga, bisa memantau langsung pergerakan harga pangan di pasaran Kota Manado,” tukas Walikota terbaik se-Indonesia itu.

Tambahnya, saat Rakornas , Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berterima kasih kepada pemerintah daerah termasuk didalamnya Pemerintah Kota Manado. Karena selama ini inflasi secara nesional bisa ditekan. “Kita akan tetap menjaga agar inflasi ini tetap berada pada level rendah,” terang Walikota GSVL.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Erwin Kontu SH menjelaskan saat ini C3 sudah menyediakan aplikasi untuk menampilkan harga terbaru pangan disetiap pasar tradisional. Dimana, masyarakat bisa mengakses link website untuk melihat harga terbaru bahan pokok yang diperlukan. Harga yang ditampilkan juga fluktuasi, ada yang turun dan ada yang naik.

“Data dan informasi yang terbaru didapatkan dari Bank Indonesia (BI). Ini karena telah ada kerjasama antara Pemkot Manado dengan Bank Indonesia. Harga bahan pokok dan pangan yang diberikan BI, kemudian diproses di ruang C3 lalu ditampilkan lewat website yang sudah disedikan C3, yaitu http://taupang.manadokota.go.id. Dengan link ini, maka warga bisa membuka dan memantau dari rumah harga pangan yang ada di pasar,” ungkap Kontu.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here