Halal Bihalal di Kauditan Dihadiri Gubernur Olly dan Bupati VAP

0
113
Halal Bihalal di Desa Kauditan dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minut Vonnie Panambunan.

MINUT- Setelah Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan, umat Muslim menggelar Halal Bihalal. Seperti yang digelar di Desa Kauditan ll Kecamatan Kauditan, Senin (17/07/2017) yang di hadiri Bupati Minahasa Utrara (Minut) Vonnie A. Panambunan dan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

Dalam ibadah yang berlangsung ini, Ketua LPTQ Sulut Herson Mayulu berkesempatan menyampaikan Khotbah Halal Bihalal. Dalam Khotbahnys, Ia mengatakan, semua agama mengajarkan rasa persaudaraan dan persatuan sesama manusia. Dengan itu, khususnya masyarakat Minut harus menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, dan jangan melihat perbedaan.

“Masyarakat Minut harus bersyukur karena diberikan pemimpin seperti ibu Vonnie, yang sangat dekat dengan rakyatnya dan juga tidak memandang dari golongan apapun. Khususnya umat Islam di Minut, saya berharap dapat bersinergi dengan pemerintah untuk membangun bersama kabupaten ini, karena jika daerah ini maju tentunya masyarakat yang akan menikmati,” ujar Mayulu yang juga ketua PDI Perjuangan Bolsel itu.

Bupati Minut, VAP sapaan Akrab Vonnie saat sambutan mengatakan, menjaga dan mempertahankan negara kesatuan ini adalah satu kewajiban bagi segenap warga bangsa, khususnya masyarakat Minahasa Utara, agar dapat menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan. Apalagi di Minut sendiri terdiri dari berbagai suku dan agama, yang sewajibnya dijaga dan dirawat.

“Tidak ada agama yang mengajarkan salah, semua baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, selalu mengedepankan rasa persaudaraan sesama umat manusia. jangan baku-baku hina. Saya salut terhadap gubernur Sulut, yang memeratakan pembangunan di Sulut dengan tidak memandang daerah itu beragama apa, ini seperti yang dikatakan Bupati Bolsel, beliau ini teman baik saya sejak dulu,” ucap Bupati Pilihan Masyarakat Minut itu.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menghadiri Halal Bihalal di Desa Kauditan mengingataka kembali masyarakat sebagai makhluk ciptaan Tuhan agar selalu menghargai sesamanya.

“Tidak mungkin ada Indonesia jika tidak ada kesepakatan. Tugas kita merangkai terus kemerdekaan. Jangan mengkotak-kotakkan. Torang samua ciptaan Tuhan,” ucap Olly.

Setelah menyampaikan sambutan, Gubernur Olly memberikan bantuan pembangunan Masjid Nurul Huda Kauditan senilai Rp. 20 Juta yang diterima langsung panitia pembangunan.

Adapun Halal Bihalal yang bertemakan “Membangun Persaudaraan dan Persatuan Guna Mewujudkan Watak Insaniyah Menuju Moralitas Publik yang Berkeadaban” turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Herson Mayulu, S.IP, Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan KB dr. Bahagia Mokoagow, Kepala Biro Umum, Clay June Dondokambey, S.STP, M.AP, Anggota DPRD Minut Sarhan Antili dan masyarakat muslim Minut.

(Marvil)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here