Cerita Dibalik 4 Pejabat Penerima ‘Cerdas Award’

0
549
Empat pejabat Pemkot Manado penerima Cerdas Award. Ki-ka: Fery Keintjem, Bart Assa, Lenda Pelealu dan Donald Sambuaga.

MANADO- Kerja cerdas yang dilandasi semangat 953 yang digaungkan duo pemimpin di Kota Manado, Walikota Dr Ir GS Vicky Lumentut, SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor D Bastian, SE, tak dinyana telah merubah penampilan Kota Manado.

Semangat 953 telah mengubah kinerja para  ASN Manado kearah yang lebih baik lagi dalam mewujudkan cita cita duo kepemimpinan di Kota Manado dalam mewujudkan Manado Cerdas.

Untuk memberikan apresiasi atas kinerja dari para pimpinan OPD, sekira 35 Jurnalis Media Online yang biasa “bermarkas” di Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, berinisiatif untuk memberikan penghargaan berupa sertifikat pengakuan, yakni “Cerdas Award.”

Penghargaan ‘Cerdas Award’ ini bukanlah sekadar penghargaan yang didasari oleh ‘Like or Dislike’ akan tetapi didasari oleh penilaian yang ojektif dan dilandasi dengan program semangat 953 sebagai acuan penilaian.

Ada 7 kriteria penilaian yang telah disepakati bersama oleh 35 Jurnalis sebagai acuan penilaian bagi penerima ‘Cerdas Award’ yakni,
1. Inovasi Program,
2. Implementasi Program GSVL-MOR,
3. Kreatifitas Program,
4. Terobosan Program,
5.Konsistensi,
6.Pengelolaan Manajemen dan,
7. Keterbukaan Informasi dan menjadi Narasumber yang baik.

Cerdas Award menurut penilaian dari 35 Jurnalis Media Online diberikan pada:

1. Fery Keintjem SE Ak., Direktur Utama PD Pasar Manado
Program revitalisasi Pasar tradisional yang digenjot oleh PD Pasar, telah mengubah perwajahan di Pasar Tradisional di Kota Manado. Bukan hanya itu saja, adanya perbaikan sistem manajemen di tubuh PD Pasar Manado telah mengubah kinerja jajaran dan staf di PD Pasar Manado. Keberhasilan dalam pembayaran gaji yang tepat waktu, membayar segala kewajiban utang pada pihak ketiga dan peningkatan kesejahteraan pegawai menjadi bukti adanya perbaikan di tubuh perusahaan ‘plat merah’ ini. Hal ini pun diakui dengan dua kali mendapat apresiasi dari Dekot Manado pada 2 kesempatan sidang Paripurna dan sebanyak tiga kali oleh Walikota Manado di bebagai kesempatan.

2. Peter Karl Bart Assa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
Keterbukaan informasi dengan melaksanakan kegiatan penandatanganan kontrak kerjasama antara Pemkot Manado dengan para Kontraktor pemenang tender secara terbuka dan transparan didepan Walikota Manado dan jurnalis, mengisyarakan ‘Pak Barce’ pantas mendapat Cerdas Award. Disamping itu, keberhasilan dalam melaksanakan pembangunan RSUD Manado yang akan mulai beroperasi di tahun 2019 nanti, perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan dan rencana pembangunan serta perbaikan beberapa infrastruktur pendukung demi mewujudkan Manado sebagai Kota Wisata, menjadi nilai tambah Kadis PUPR ini.

3. Dra Neivi Lenda Pelealu, MSi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga
Keberhasilan dalam mensuksekan berbagai iven olahraga tingkat nasional dan internasional (Paragliding dan Pacuan Kuda), membuktikan jika Kadispora Manado ini layak mendapatkan Cerdas Award. Disamping itu juga, dengan adanya perhelatan wisata Manado Fiesta, 1-10 September 2017 nanti, Kadis Lenda yang dipercayakan menjadi motor penggerak baik dibidang promosi maupun teknis pelaksanaan acara dilapangan punya nilai tambah tersendiri dalam penilaian.

4. Donald Sambuaga SSTP MSi, Camat Wenang.
Sejak penanganan soal sampah dilimpahkan ke pihak kecamatan, para kepala kecamatan mendapat tugas tambahan diluar tugas administratif lainnya sebagai camat. Penanganan sampah menjadi prioritas di Kota Manado yang sedang giat berbenah diri menjadi Kota Ekowisata. Kecamatan Wenang yang terletak di pusat Kota Manado adalah wilayah yang rentan akan permasalahan sampah. Selain jadi pusat dari segala aktivitas warga Kota Manado, hampir 75 persen agenda kegiatan Pemkot Manado dilaksanakan di Kecamatan Wenang. Camat Donald dengan ‘Tim Sapujagad’ berhasil mengatasi segala permasalahan sampah di pusat Kota Manado ini, sepertinya layak menerima Cerdas Award ini.

Cerdas Award yang diserahkan langsung Walikota GSVL di Pesta Rakyat perayaan HUT Kota Manado ke-394 (14/7/2017) malam tadi, sekiranya menjadi pemicu semangat dan bisa memotivasi para pejabat di Pemkot Manado untuk bisa berbuat lebih banyak lagi. Bekerja dan berbuatlah, anda sedang dinilai.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here