Bupati Panambunan Ikut Panen Jagung di Talawaan

0
118
Bupati Minahasa Utara Vonnie Panambunan saat ikut memanen jagung di Desa Talawaan.

MINUT — Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie A. Panambunan sempatkan diri ikut panen jagung di Desa Paniki Atas Kecamatan Talawaan, Senin (22/05/2017).

Dalam kegiatan penen jagung tersebut, digunakan sekalian mencoba alat panen jagung  atau Corn Combain Harvester (CCH) untuk memanen jagung yang baru diberikan oleh Kementerian Pertanian yang diserahkan oleh Bupati Minut beberapa hari lalu kepada kelompok tani yang ada di setiap kecamatan di Minut.

“Saya mengajak petani Minut untuk menanam jagung sebanyak-banyaknya sebab ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Pemkab Minut siap membantu dan kalau perlu kita minta lagi bantuan ke Kementerian untuk mengakomodir semua petani Minut,” ucap Bupati yang pada saat itu juga berkesempatan mencoba mengoperasikan alat panen jagung tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Pertanina Minut Ir. Joseph Aliks mengungkapkan, “Panen kali ini merupakan yang pertama menggunakan pola mekanisasi alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan kementerian yang baru saja diterima dari Kementerian Pertanian yang merupakan hasil lobi dari Bupati Minut, yang baru diserahkan pekan lalu,” Kata Aliks

Terpisah, Arly Dondokambey yang merupakan petani pengelolah lahan mengatakan, dengan adanya alat CCH ia bisa menghemat biaya panen yang cukup besar/hektar jika menyewa harian perorang.

“Dengan menyewa pemetik biasanya Rp 150 ribu/orang termasuk uang makan kostnya mencapai Rp 2.250.000/hektar,  tapi dengan menggunakan CCH ongkos panen yang dikeluarkan hanya sebesar 600 ribu. Dengan estimasi  operator 200 ribu, helper 200 ribu dan bahan bakar 200 ribu,” jelasnya, yang juga berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Minut atas diberikannya bantuan alat panen jagung ini.

Ditambahkannya, dengan mekanisasi di bidang pertanian ini dia siap membuka 60 hektar perluasan areal tanam (PAT) jagung, dimana bupati melakukan panen perdana ini seluas 24 hektar.

Turut hadir Plt. Sekda Minut Arnolus Wolajan SSTP, Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks, Camat Talawaan Johan Wewengkang S.Sos M.Kes Staf Ahli Ir Wangke Karundeng dan Kumtua Desa Paniki Atas Arry Pua.

(Marvil Kembuan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here