Hearing Dengan Dinas PUPR, Komisi C Puas dan Minta ‘Bekerjasama’

0
179
Hearing Komisi C DPRD Manado dengan Dinas PUPR.

MANADO- Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado mengundang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) untuk mengadakan Rapat dengar pendapat, Rabu (17/5/2017) di ruang kerja Komisi C DPRD Manado.

Kepala Dinas PUPR Dr Peter Karl Bart Assa, ST, M.Sc, PhD, yang mewakili Dinas PUPR dalam memenuhi undangan rapat dari Komisi C dimintai penjelasannya terkait laporan hasil Rapat Kordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Triwulan 1 Tahun anggaran 2017 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan perencanaan sejumlah kegiatan/proyek di Dinas PUPR.

Komisi C yang dipimpin Wakil ketua Lineke Kotambunan memimpin rapat dengar pendapat ini dan dihadiri oleh seluruh anggota Komisi C.

Bart Assa saat memberikan pemaparan terkait pertanyaan awal mengenai penyerapan anggaran pada Dinas PUPR di triwulan 1 yang hanya mencapai 0,07 persen menjelaskan bahwa rendahnya penyerapan anggaran di dinas yang dipimpinnya dikarenankan adanya beberapa faktor.

” Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya penyerapan anggaran di Dinas PUPR. Seperti adanya OPD baru sehingga terjadinya pergeseran DPA, keterlambatan APBD, serta adanya sejumlah kegiatan yang belum menyelesaikan Detail Enginering Design (DED) untuk pekerjaan konstruksi pembangunannya. Sehingga kami menggunakan waktu di triwulan 1dan 2 untuk membuat DED pekerjaan,” jelas Assa.
Baca :  Dinas PUPR Capaian Kinerja Terendah di Triwulan 1, Ini Penjelasan Bart Assa

Disamping itu, menurut Assa adanya adanya beberapa kegiatan yang baru memasuki tahapan lelang di bulan April ini dan pekerjaannya baru akan dimulai di bulan juni. Jadi untuk penyerapan anggaran untuk Dinas PUPR pada triwulan 1 dan 2 belum akan akan ada kenaikan yang signifikan.

“Karena kegiatan baru akan dimulai pada Bulan Juni, dan tentu saja setelah kegiatan itu selesai, baru nanti dibayarkan. Disitu baru bisa terlihat penyerapan anggarannya akan naik tinggi,” jelas Assa.

Lanjut, Ketua Komisi C Lily Binti dalam pertanyaan selanjutnya meminta Dinas PUPR membeberkan dan menjelaskan tentang seberapa banyak kegiatan yang telah berjalan dan kegiatan yang sudah sampai ke proses lelang.

“Untuk proyek RSUD Manado segera dimulai pembangunannya. Proses pengurusan perijinannya sedang berjalan dan sudah tak ada lagi masalah. Dan ada beberapa proyek yang telah masuk tahap pelelangan seperti Proyek Jalur Hijau di Boulevard, Jalan Lengkong Waya, Jalan ke Gunung Tumpa dan masih ada beberapa proyek lagi. Pekerjaan ini akan dimulai pada Bulan Juni nanti,” beber Assa.

Komisi C saat mendengarkan jawaban dan penjelasan ini terlihat puas dan bisa menerima keterangan yang disampaikan Kadis PUPR.

Akan tetapi ada catatan yang diberikan Komisi C kepada Dinas PUPR untuk selalu bekerjasama dengan komisi C dalam bidang pengawasan terhadap proyek yang sudah berjalan dan meminta pula laporan dari Dinas PUPR untuk kegiatan yang sudah akan masuk ke tahapan pelelangan.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here