Banyak Rumah Makan di Kota Manado Tak Berizin, Sofyan: Kami Belum Pernah Keluarkan Rekomendasi

0
134
M. Sofyan

MANADO – Menjamurnya usaha rumah makan di Kota Manado, telah memunculkan beragam polemik. Bukan untuk membatasi iklim investasi, namun setiap pelaku usaha kuliner dituntut untuk mengantongi izin pemerintah sebelum memulai usahanya.

Dengan begitu, izin wajib disesuaikan dengan ketentuan misalnya mengacu pada Peraturan Daerah (Perda). “Hingga saat ini, rekomendasi ANDALALIN (Analisis Dampak Lalu Lintas) yang dikeluarkan pihaknya bagi pengusaha, belum ada,” ucap Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Manado, M Sofyan,AP MSi, saat ditemui sulutaktual.com di Ruang Sebaguna Pemkot Manado, Senin (16/5/2017).

Menurut dia, hal itu bakal menimbulkan masalah baru. Kesadaran pengusaha dalam pengurusan izin, masih kurang.

“Ada unsur memperketat terbitnya izin tersebut dan dari Dishub sangat jelas karena lokasinya dipinggir jalan,” terang Sofyan.

Kedepan, kata Sofyan, persoalan akan timbul ketika pengoperasian tempat usaha ini mendahului izin yang diterbitkan pemerintah. Alasannya, tidak disertai dengan kajian yang akurat.

“Rekomendasi selayaknya penting berlaku dan sekarang Dishub sudah lebih teliti lagi dalam mengeluarkan rekomendasi ANDALALIN,” imbuhnya.

Sejumlah aturan yang penting menjadi perhatian pengusaha sudah tertera, misalkan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Peraturan Menteri (Permen) Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pendaftaran usaha Pariwisata menyebutkan bahwa yang termasuk Usaha Pariwisata Bidang Jasa Makanan dan Minuman adalah, restoran, rumah makan, bar juga rumah minum, kafe, jasa boga dan pusat penjualan makanan.
Untuk memperoleh semua perizinan, pengusaha juga wajib memperhatikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 tahun 2011. Sedangkan kekuatan produk hukum Kota Manado lewat Perda Nomor 1 tahun 2014 dan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 75 tahun 2015 tentang Analisis Dampak Lalu lintas (Andalalin).

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here