Diskominfo Manado Gelar Bimtek Peran Persandian dan Keamanan Informasi

0
463
Wakil Walikota Manado Mor Bastian membuka Bimtek Peran Persandian dan Keamanan Informasi.

MANADO- Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Manado menggelar Bimbingan Teknis Peran Persandian Dan Keamanan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, selama dua hari (3-4 Mei 2017) di Aula Serbaguna Pemkot Manado.

Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Manado Mor Bastian menghadirkan dua orang pemateri dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yakni Prabaswari S.ST,M.M dan
Farosa (Kasie Bangmatsan JKS).

Menurut Farosa, Bimtek ini dilaksanakan agar setiap SKPD bisa mengatur semua data yang ada secara akurat dan terklasifikasi.

“Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan setiap SKPD bisa mengelola data arsipnya secara rinci dan terklasifikasi, sesuai amanat undang undang RI No 14 tahun 2008 tentang undang undang Keterbukaan Informasi Publik, yakni setiap data arsip diklasifikasikan atas arsip terbuka, terbatas dan rahasia,” ucapnya.

Lanjutnya, klarifikasi data arsip disini untuk memudahkan bagi setiap SKPD dalam mengelola pengarsipan data sesuai dengan peruntukannya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Erwin Kontu SH saat ditemui sulutaktual.com disela sela kegiatan Bimtek mengatakan dengan adanya Bimtek persandian ini diharapkan bagi peserta yang mengikuti Bimtek ini saat kembali ke SKPD nya bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat.

“Banyak hal yang didapat dari Bimtek ini, seperti keamanan memjaga informasi. Untuk diketahui informasi pada perangkat daerah sangat banyak dan bisa diklasifikasikan pada informasi umum, terbatas dan rahasia. Ini sangat penting karena bisa memilah mana informasi yang bisa diekspos untuk umum dan mana yang harus disimpan sebagai informasi rahasia,” jelas Kontu.

Lanjutnya, begitu juga dengan menjaga keamanan perangkat eletektronik. SKPD yang sudah menggunakan perangkat elektronik sebagai tempat penyimpanan data informasinya bisa menjaga keamananan dan kerahasiaan datanya, tutup Kontu.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri
Kepala SKPD, para Camat dan perwakilan dari setiap SKPD.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here