VAP Promosikan Minut Dalam Forum Bisnis Bupati dan BUMN

0
150
Bupati Minut Vonnie Panambunan saat menghadiri Forum Bisnis Bupati dan BUMN se Indonesia.

MINUT — Terus mendorong kemajuan di Kabupaten yang dipimpinnya, Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie A. Pabambunan mempresentasikan kondisi daerah dalam forum bisnis bupati se-Indonesia dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Eko Sandjojo, di Gedung Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi di Jakarta, Selasa (02/04/2017) kemarin.

Sebagai pemateri pertama dari 8 bupati yang diundang hadir, Kabupaten Minut menjadi begitu istimewa karena dipromosikan langsung oleh Menteri Eko Sandjojo.

Bupati Minut Vonnie Panambunan saat ditemui awak media.
Bupati Minut Vonnie Panambunan saat ditemui awak media.
“Saya sudah pernah kesana. Minahasa Utara itu indah sekali. Saya mau teman-teman BUMN bisa membantu,” kata Sandjojo membuka dialog.

Secara cepat Sandjojo bahkan membahas tiga hal yang bisa langsung direalisasikan di daerah usai kembali ke daerah masing-masing yaitu jaminan PT Seger Agro Nusantara membantu pengadaan mesin dryer (pengering) jagung guna membantu harga jual jagung agre menjadi lebih baik.

Suasana berlangsungnya forum.
Suasana berlangsungnya forum.

Selanjutnya, bantuan bibit dan mesin pertanian kelapa untuk luas tanam 100.000 hektar, peningkatan produksi pagi, pengembangan industri rumput laut serta cool storage untuk perikanan darat.

Untuk bantuan infrastruktur jalan di lokasi pariwisata, pihak kementerian menunggu hasil studi dari pemerintah daerah agar bantuan yang akan disalurkan lebih terarah.

Dan juga untuk pariwisata, pertanian dan pengelolaan sumber daya alam yang ada, karena diketahui di Minut banyak sumber daya alam seperti kelapa, serta tempat tempat wisata yang nantinya itu akan dikelola sedemikian rupa dengan bekerja sama dengan Kementerian terkait.

Sementara Kehadiran Bupati Minut terkesan sangat spesial dikarenakan dari Sulawesi Utara hanya Pemkab Minut yang hadir. Tak tinggal diam, bupati pilihan masyarakat Minut ini terus menyampaikan beberapa poin penting yang perlu dikembangkan di Kabupaten Minahasa Utara seperti pengembangan Pariwisata, pertanian dan sumberdaya yang berkaitan dengan pengembangan produk unggulan di Minut.

“Seperti diketahui di Kabupaten Minut ini ada beberapa tempat pariwisatanya yang tak kalah indah dengan pulau Bunaken, saya harap bapak ibu yang terkait untuk dapat memerhatikan potensi yang sekarang sementara di rancang kabupaten kami ini,” ujar Panambunan seraya menambahkan bahwa nantinya Ia memastikan akan menyiapkan kebutuhan lahan untuk pengembangan sektor pertanian di Minut, serta beberapa hal yang diminta pihak kementerian dan BUMN.

“Kami pemerintah dan masyarakat Minahasa Utara berterima kasih atas kepedulian pemerintah pusat. Dan saya berharap dukungan dari masyarakat Minut dalam pembangunan daerah yang kita cintai,” pesan Panambunan.

Turut mendampingi Bupati Minut, Anggota DPRD Minut Hj Sarhan Antili, Plt Sekda Minut Arnolus Wolayan SSTP MM, Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat Desa Dr Cakrawirya Gundo, Kepala Dinas Perindustrian Minut Dra Femmy Pangkerego MPd ME, Kepala Dinas Pendidikan dr Lilly Lengkong MKes, Kepala Dinas Pariwisata Dra Theodora Luntungan, dan Kepala Dinas Perhubungan Minut Hanny Tambani SSos MSi.

(Marvil Kembuan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here