Lumentut: Buruh Elemen Penting Dalam Roda Perekonomian

0
385
Pelepasan balon ke udara dalam rangka merayakan Hari Buruh Internasional di Kota Manado.

MANADO- Hari Buruh internasional atau yang biasa disebut Mayday yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2017 setiap tahunnya dirayakan para Buruh di seluruh dunia.

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Manado, Senin (01/05/2017) pagi dalam merayakan Hari Buruh Internasional bersama para Buruh pekerja se kota Manado menggelar Senam Zumba, Pemasangan alat KB, Donor darah dan ada pemeriksaan kesehatan, seperti Pap Smear, pemeriksaan gula darah dan deteksi dini kanker Serviks.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt. Sekda) kota Manado, Hi Drs, Rum DJ Usulu yang mewakili Walikota Manado, DR, Ir, GS. Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA dalam sambutannya yang dibacakan , mengatakan buruh merupakan elemen yang penting dalam dunia usaha.

“Roda perekonomian dapat senantiasa hidup dan bergerak serta mampu menghidupi masyarakat melalui cucuran keringat dan jerih payah buruh,” ucap Walikota Lumentut.

Lanjut Walikota, pentingnya posisi buruh dalam aktivitas perekonomian semestinya berbanding lurus dengan kesejahteraannya.

Tak lupa disisipkan dalam sambutannya, Walikota juga menyinggung soal peningkatan upah minimum pekerja yang tetap menjadi perhatian pemerintah.

“Pemerintah kota Manado juga terus berupaya melalui peningkatan upah minimum agar buruh atau pekerja memperoleh kesejahteraan yang layak,” jelas Lumentut dalam sambutannya.

Walikota juga berharap adanya hubungan kemitraan antara dunia usaha dengan dunia perburuhan.

“Kemitraan yang sehat dan harmonis akan mendorong tumbuhnya dunia usaha disatu pihak dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di pihak lain,” jelas Lumentut.

Menurut Lumentut, pertumbuhan dunia usaha yang baik akan memicu terciptanya lapangan pekerjaan.

Ekonomi bertumbuh positif dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas, katanya.

Di akhir sambutannya, Walikota mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dengan niat yang baik, tekad yang kuat, kerja yang baik, bersama-sama mensukseskan pembangunan ekonomi di kota Manado melalui peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga kerja.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja (Plt Kadisnaker) kota Manado, Marrus Nainggolan, SH. Aj. Ak, kepada sejumlah wartawan mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak yang sudah berperan serta dalam mensukseskan kegiatan peringatan hari Buruh Internasional ini.

Marrus Nainggolan
Marrus Nainggolan

“Saya berterimakasih ke semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Saya tidak menyangka, peserta yang mengikuti kegiatan hari ini sangat banyak, melebihi dari yang kita bayangkan,” ungkap Nainggolan kepada sulutaktual.com

Acara ditandai dengan pelepasan ratusan balon ke udara yang dipimpin Plt Sekdakot Manado, Hi, Drs, Rum DJ Usulu didampingi seluruh kepala OPD dan perwakilan buruh.

Ribuan buruh dan pekerja se kota Manado tumpah ruah sejak pukul 05.00 Wita di lapangan Sparta Tikala.

Dari data yang dihimpun, ada 18 orang yang mendonorkan darahnya, 70 orang melakukan cek gula darah, kolestrol dan asam urat, 7 orang ikut pelayanan KB dan 17 orang ikut pelayanan deteksi dini kanker serviks melalui metode IVA.

Pemkot Manado juga memberikan beragam hadiah menarik yang disediakan oleh para sponsor, seperti dua buah sepeda dari BPJS dan ragam hadiah menarik lainnya.

Tampak hadir juga Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdakot, Micler C.S. Lakat, SH, MH, Plt Kadis Kominfo, Erwin Kontu, Plt Kadis Koperasi dan UKM, DR. Theddy Lasut, Kasat Pol PP, Xaverius Runtuwene, Kadis Lingkungan Hidup, Yohanis Waworuntu, Plt. Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Sammy A.R. Kaawoan, MAP, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat, Corry Thelma Tendean, SH, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Drs. Manarsar Panjaitan, Kabag Humas dan Pemerintahan, Steven Runtuwene dan sejumlah pejabat eselon III dan Eselon IV di lingkungan Pemkot Manado.

Hadir juga Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan, H. Nazarullah, SE, MM, Kepala BPJS Kesehatan, Greisty Borotiding, Ketua SBSI kota Manado, Romel Sondakh dan sejumlah elemen buruh dan masyarakat.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here