Cerdas Command Center Dijejali Informasi BMKG

0
178
Erwin Kontu

MANADO- Tak lama lagi warga Manado bisa mengetahui keadaan cuaca Kota Manado dan sekitarnya seakurat mungkin. Cerdas Command Center (C3) bakal dijejali dengan berbagai informasi tentang iklim, cuaca dan kondisi alam Kota Manado dan sekitarnya. Bahkan, sampai mengetahui bakal terjadinya bencana tsunami pun.

Hal ini dikarenakan karena telah adanya Penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan informasi publik dibidang meteorologi, klimatologi dan geofisika untuk Command Center Pemkot Manado, antara Pemkot Manado dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Manado Erwin Kontu SE, saat dihubungi lewat ponselnya membenarkan hal tersebut.

“Kemarin (Selasa, 25/04/2017), Pemkot Manado yang diwakili Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA telah menandatangani MoU dengan BMKG pusat. Dan yang pasti, dengan adanya penandatanganan MOU ini, sangat menguntungkan Pemkot Manado,” jelas Kontu.

Lanjutnya, sebenarnya BMKG selama ini sudah men-share informasi ke C3, meskipun Penandatanganan MoU ini baru saja dilakukan. Semua Informasi yg dikeluarkan oleh BMKG di share ke Pemkot Manado baik melalui integrasi ke C3 ataupun melalui sosial media yang dikelola Pemkot Manado.

Untuk diketahui, ada delapan poin yang disepakati dalam MoU untuk disebarluaskan melalui C3 Manado tersebut, diantaranya informasi prakiraan cuaca, informasi cuaca ekstrim, informasi tinggi gelombang laut, informasi cuaca pelayaran, informasi kejadian gempa bumi, informasi peringatan dini tsunami, informasi rukyat/hilal dan gerhana serta informasi petir.

“Kedepannya nanti, untuk menindaklanjuti Penandatanganan MoU ini, Pihak BMKG akan membantu mengadakan Videotron yg besar yang berisi tentang informasi cuaca yg ada di kota Manado dimana Informasi tersebut langsung dari satelit BMKG. Pemkot Manado juga akan dibantu videowall yg nanti akan dipasang di C3,” tutupnya.

(Budi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here