Lumentut: TPSS Bakal Gantikan Peran Bak Sampah

0
211
Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat mebawakan sambutan dalam Musrenbang RKPD Kota Manado, Kamis (29/3/2017) di aula Serbaguna Pemkot Manado.

MANADO- Pemerintah Kota Manado semakin gencar memprogramkan perang terhadap sampah. Hal ini selalu disinggung Walikota Manado GS Vicky Lumentut disetiap kesempatan.

Hal ini diulas kembali Walikota Vicky saat membawakan sambutan dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Manado, Kamis (30/3/2017) di aula Serbaguna Pemkot Manado.

” Pemkot Manado sangat serius dengan persoalan sampah di Kota Manado. Banyak hal yang telah dibuat dan direncanakan oleh Pemkot Manado untuk memerangi sampah,” ucap Lumentut.

Lanjutnya, Pemkot Manado telah memprogramkan adanya Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) disetiap Kecamatan yang ada di Kota Manado.

” Minimal ada satu TPSS disetiap kecamatan, dengan ukuran luas 300 m2. Dan akan disiapkan motor sampah disetiap lingkungan yang fungsinya untuk mengangkat sampah ke TPPS di tiap kecamatan,” bebernya.

Lanjutnya, terkait pengadaan motor sampah untuk mobilisasi dalam pengangkutan sampah ke TPSS telah dianggarkan sebanyak 504 motor sampah yang nantinya akan didistribusikan ke 504 lingkungan yang ada di Kota Manado.

“Untuk saat ini Pemkot Manado telah memiliki 100 motor sampah yang telah diistribusikan ke seluruh kecamatan di Kota Manado. Dan nantinya di Bulan April- Mei,  Pemkot Manado akan menggenapi menjadi 504 motor sampah dan segera didistribusikan kesetiap lingkungan di Kota Manado. Hal ini untuk mendukung program pengadaan TPSS,” jelas Lumentut.

Untuk diketahui, TPSS ini akan menggantikan fungsi bak sampah yang ada. Sampah yang diangkut motor sampah akan dibawa ke TPSS dan kemudian dipilah menjadi sampah organik, sampah recycle (bisa diolah kembali) dan sampah yang tak bisa diolah, sebelum dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hingga berita ini ditayangkan, kegiatan Musrenbang RKPD Kota Manado masih berlangsung.

(emmanuelbudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here