Walikota GSVL: Hak Anak Harus Dilindungi dan Dijaga

0
85
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mickler CS Lakat SH MH menandatangani pernyataan sikap Deklarasi Manado menuju Kota Layak Anak.

MANADO- Ramainya pemberitaan di berbagai media tentang tindakan kejahatan yang marak terjadi pada perempuan dan anak dewasa ini menjadi perhatian penting Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE pun tak tinggal diam dalam menyikapi persoalan ini.

Dalam sambutannya pada acara Deklarasi Manado Menuju Kota Layak Anak sekaligus pengukuhan Gugus Tugas Kota Layak anak, Rabu (29/3/) pagi tadi di halaman Kantor Walikota Manado, GSVL melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mickler CS Lakat SH MH menyampaikan perlindungan atas hak anak perlu adanya penegasan.

“Kita harus melindungi dan menjaga hak bagi anak-anak untuk hidup dalam kasih sayang, bukan dalam kekerasan dan eksploitasi. Hal Ini dilakukan dengan maksud baik dan wajib untuk dimaksimalkan kedepan,” tegas Walikota.

Menurutnya, Pemkot Manado sangat mengedepankan program-program yang berpihak pada kepentingan anak. Karena, setiap orang memiliki hak hidup yang dikenal dengan Hak Asasi Manusia (HAM) tanpa memandang etnis, agama, usia maupun gender.

“Setiap orang berhak hidup dan mengolah kehidupan dalam situasi aman, nyaman, dalam keadilan dan kesetaraan,” tukas Walikota GSVL.

Lanjut dikatakan, anak-anak harus bertumbuh dalam demokrasi yang sehat serta memiliki percaya diri dan rendah hati. Dengan cara tersebut akan membentuk mental anak-anak semakin kuat dan akan berdampak baik bagi Kota Manado.

“ Inilah salah satu wujud komitmen pemerintah Kota Manado bersama masyarakat untuk membangun masyarakat yang kuat, melalui perlindungan kepada anak. Saya menyambut baik pelaksanaan acara Deklarasi Manado menuju Kota Layak Anak,” tandas Walikota GSVL, yang dikenal juga sebagai guru Sekolah Minggu itu.

Acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Manado diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Gugus Tugas Kota Layak Anak oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPP-PA Kota Manado Hetty Taramen SE ME, dan dilanjutkan dengan pernyataan sikap Deklarasi Manado menuju Kota Layak Anak oleh Ketua Forum Anak Kota Manado Christian Tangkere dari Sekolah Dian Harapan. Selanjutnya pelepasan balon udara yang dilakukan Walikota Manado yang diwakili Asisten I.

Turut hadir dalam acara tersebut para kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado, Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Polresta Manado Kompol Jefferson Batewa SE mewakili Kapolresta Manado, serta siswa siswi Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di Kota Manado.

(ebs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here