Gelar Pelepasan Ogoh-Ogoh, Umat Hindu Manado Sambut Nyepi

0
147
Ratusan umat Hindu di kota Manado gelar pawai Ogoh-ogoh di Lapangan Sparta Tikala Manado.

MANADO – Menyambut perayaan Hari Raya Nyepi , Tahun Baru 1 Saka 1939 yang  jatuh pada hari Selasa (28/03/2017) besok, ratusan umat Hindu di kota Manado gelar pawai Ogoh-ogoh di Lapangan Sparta Tikala Manado, Senin (27/03/2017) siang tadi.

Pelaksana Tugas Sekretaris Kota (Plt Sekkot) Manado, Drs Hj Rum Usulu  yang mewakili Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA melepas pawai Ogoh-Ogoh pukul 14.00 Wita.

Dalam sambutannya yang dibacakan Plt Sekkot Manado mengatakan, pemerintah kota Manado sangat mendukung pelaksanaan perayaan umat beragama yang dianut warga Manado.

“Warga Manado menjunjung tinggi kebersamaan dan rasa toleransi antar umat beragama. Begitupun Pemerintah Kota Manado sangat mendukung diadakan perayaan ini. Kami juga memohon maaf dengan ketidakhadirannya Walikota dan Wakil Walikota yang berhalangan hadir dikarenakan adanya tugas diluar daerah,” ucap Usulu.

Lanjut Usulu, untuk pagelaran acara hari ini, Pemkot Manado sudah memasukkannya ke dalam agenda acara tetap dari Kalender event Pariwisata yang di gagas Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Manado, Drs Ida Bagus Ketut Alit, MPd ke sejumlah wartawan mengatakan, pagelaran pelepasan Ogoh-Ogoh hari ini merupakan Tawur Agung yang diselenggarakan sehari sebelum perayaan Nyepi yang bertujuan untuk menyampaikan ucapan syukur atas berkat yang diterima selama setahun ini.

“Tawur Agung merupakan ritual agama yang kita lakukan sehari sebelum perayaan Nyepi yang tujuannya untuk mengembalikan semua yang telah gunakan dari alam selama satu tahun ini. Sebagai umat beragama, kita hidup dari alam ini, sudah setahun kita menikmati alam ini, sebagai orang yang percaya ke Tuhan kita wajib mengembalikan itu. Secara ritual keagamaan, kita mengadakan Tawur Agung tadi,” jelas Alit yang sehari-hari berprofesi sebagai guru.

Namun, lanjut Alit, secara kehidupan nyata, kita harus tetap menjaga kelestarian alam dengan terus menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kita, agar kita terhindar dari bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan lainnya.
Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan Walikota dan Wakil Walikota Manado demi terselenggaranya acara ini. Ia juga merasa bangga, karena acara ini telah menjadi agenda tetap dari kalender iven tahunan Pemkot Manado.

Ratusan umat Hindu dari berbagai pelosok kota Manado siang tadi mengikuti acara Tawur agung yang digelar sejak pagi dan dilanjutkan dengan pawai Ogoh-ogoh yang dimulai pukul 14.00 Wita. Ogoh-ogoh diarak menuju pusat kota Manado dan kembali lagi ke lapangan Tikala Manado.

(ebs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here