Enam Mega Proyek Buktikan ‘Sulut Hebat’

oleh -196 Dilihat
Enam proyek nasional yangdilaksanakan di Sulut.

SULUT- Slogan Sulut Hebat yang didengungkan Duet OD-SK mulai terlihat bukti nyatanya. Ide cemerlang dan mampu bernegosiasi dengan pemerintah pusat pada akhirnya membuahkan hasil dengan membanjirnya beberapa mega proyek ke tanah nyiur melambai ini.

Sebanyak enam proyek di Sulawesi Utara masuk dalam proyek strategis nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 8 Januari 2016 lalu.

Proyek tersebut telah ditetapkan dengan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 dan Inpres Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Keenam proyek tersebut adalah pembangunan infrastruktur tol Manado-Bitung, jalan penghubung Manado-Gotontalo serta pelabuhan baru dan pengembangan kapasitas “Bitung International Hub Port”.

Sementara itu, tiga proyek lainnya yaitu pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Kota Bitung/Kabupaten Minahasa Utara, pembangunan bendungan multifungsi Kuwil, Kabupaten Minahasa Utara dan bendungan lolak di kabupaten Bolaang Mongondow.

Semua proyek ini dibiayai anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN yang akan ditangani instansi teknis terkait.

Keenam proyek besar ini akan bersentuhan langsung dengan tiga wilayah pemerintahan yaitu Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara serta Kota Bitung.

Diharapkan dukungan penuh dari pemerintah kabupaten dan kota sehingga proyek ini bisa bergulir sesuai dengan rencana. Apalagi kejelasan proyek ini sudah dikuatkan dengan peraturan presiden serta instruksi presiden. Masyarakat juga diharapkan ikut menyokong pembangunannya.

Apalagi keenam proyek ini akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja yang dapat mengurangi angka pengangguran.

Percepatan pembangunan enam proyek ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara serta Indonesia ke depan yang mampu mensejahterakan masyarakat.

(Franco)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.