Gubernur Olly Ingatkan Sangadi Soal Penggunaan Dana Desa

0
92
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membagikan bantuan untuk petani di Bolmong.

SULUT- Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menghadiri rapat pembahasan prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2017 bertempat di  Kantor Bupati Bolaang Mongondow, Selasa (7/2/2017).

Dalam sambutannya, Dondokambey mengatakan guna tercapai visi dari pembangunan bangsa ini sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan jangka Menengah Nasional 2015-2019 yakni terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian yang berlandaskan Gotong Royong, dengan progres pembangunan demi tercapainya sembilan  agenda prioritas yang  lebih di kenal dengan Nawa Cita dengan salah satu agendanya Membangun Indonesia dari pinggiran dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia itu.

“Saya dipilih  masyarakat Sulut selama lima tahun untuk mengawal kebijakan pemerintah pusat. Untuk itu, saya wajib mengawal semua program Presiden Jokowi agar tidak disalahgunakan oleh masyarakat,” jelas Dondokambey.

Seperti diketahui, tahun 2016 pemerintah pusat telah mengalokasikan dana desa untuk 1.504 desa di Sulawesi Utara sebesar Rp.911. 498.499.000,- milyar meningkat 100% dari jumlah tahun sebelumnya (2015) yakni Rp.402.5 milyar.

Khusus untuk kabupaten Bolaang Mongondow sendiri tahun  2016 mendapat alokasi  sebesar Rp.119.867.236.000 untuk 200 desa.

“Saya berharap dengan program dari pemerintah pusat seperti bantuan dana desa, bisa meningkatkan pembangunan dan infrastruktur di desa. Dan Pemerintah Provinsi akan mengawal bantuan dana desa ini sampai ke masyarakat dan penggunaannya harus sesuai dengan peruntukan serta sesuai dengan aturan yang ada,” lanjut Dondokambey.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bolmong Nixon Watung dalam sambutannya mengapresiasi kepercayaan Gubernur yang memilih Kabupaten Bolmong untuk memfasilitasi kegiatan ini.

“Sesungguhnya ini merupakan suatu penghormatan bagi kami pemerintah Kabupaten Bolmong. Karena sudah dipercayakan memfasilitasi kegiatan ini.Dan bagi kami ini merupakan momen yang penting untuk semakin memantapkan komitmen dan konsistensi kita dalam upaya pemantapan pengelolaan dan penggunaan dana desa,”  kata Watung.

Pada kesempatan itu Gubernur memberikan bantuan alat – alat pertanian umtuk  para petani.

Turut hadir, Anggota DPRD Sulut, Ketua DPRD Bolmong, jajaran pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, jajaran Pemkab Bolmong, Camat, Sangadi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para pendamping  desa, fasilitator serta tamu undangan lainnya.

(emmanuelbudi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here