Hadiri Tulude, Walikota GSVL Ajak Warga Sangihe Dukung Iven Pariwisata

0
507
Walikota GSVL saat mengikuti acara adat Tulude di Sangihe.

SANGIHE- Walikota Manado Vicky Lumentut mendampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menghadiri perayaan Tulude, di Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Sangihe, Tahuna, Selasa (31/1/2017).Perayaan Tulude merupakan pesta adat masyarakat Nusa Utara untuk menyatakan rasa syukur memasuki tahun baru.

Upacara yang berlangsung khidmat bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-592 Kabupaten Sangihe, dihadiri Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O Kandouw, Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, serta Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe John Palandung. Upacara adat tahunan tersebut ditandai dengan pemotongan kue khas Tulude yang dinamakan Kue Tamo.

“Pesta adat masyarakat Nusa Utara yang dilaksanakan di Tahuna ini, adalah tradisi turun temurun. Sehingga, kemeriahan pesta adat ini juga dirasakan masyarakat Nusa Utara dimana saja, termasuk masyarakat di Kota Manado,” ujar Walikota GSVL, kepada sejumlah wartawan.

Di Manado sendiri, tambahnya, pesta adat Tulude telah masuk dalam Calender of Ivent Pesona Manado tahun 2017, yang dilaunching Kementerian Pariwisata RI di Jakarta, 21 November 2016 lalu.

“Semua iven budaya masyarakat di Kota Manado termasuk pesta adat Tulude masyarakat Nusa Utara, telah masuk dalam kalender pariwisata Manado tahun 2017,” tukas orang nomor satu di Manado itu.

Bertepatan dengan kunjungan ke Sangihe, Walikota GSVL bertemu dengan warga Tahuna dan masyarakat Petta Tabukan Utara. Dengan gaya khasnya, Walikota GSVL berjalan kaki di pusat Kota Tahuna, Pasar Towoe Sawang Besar serta bertemu dengan masyarakat Petta Selatan, sambil mengajak masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk ikut mendukung pelaksanaan pesta adat Tulude di Kota Manado.

“Masyarakat Sangihe, saya mohon dukungan untuk pelaksanaan pesta adat Tulude yang dilaksanakan Pemkot Manado. Mohon disampaikan kepada sanak keluarga dan handai taulan yang ada di Manado untuk ikut bersama dalam kegiatan ini. Karena ini adalah kegiatan masyarakat Nusa Utara yang dilaksanakan pemerintah Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.

Lanjut dikatakan, pesta adat Tulude Pemkot Manado akan dilaksanakan Jumat (3/2) nanti, di monumen Tugu Lilin, pusat Kota Manado.

(ebs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here