Presiden Joko Widodo Sambangi Waduk Kuwil Kawangkoan Minut

0
161

Minut, SulutAktual – Kunjungi Sulawesi Utara (Sulut), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambangi pembangunan
Waduk/Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (27/12/2016).

Dalam kunjunganya Jokowi sapaan akrab Presiden mengatakan pembangunan proyek Waduk seperti ini ada 13 di tahun 2015 dan tahun ini ada 8 proyek yang sementara berjalan jadi jumlahnya mencapai 21 waduk.

Salah satunya di Minut yang luasnya mencapi 308 hektar dengan kapasitas 23 meter kubik. “Ini sangat Gede” kata orang Nomor Satu Indonesi itu.

Dibeberkan Jokowi, ada tiga fungsi waduk ini berdiri. Yakni pertama berfungsi untuk air baku di Kota Manado, Kota Bitung dan kabupaten Minut. Kedua mengatasi banjir. “Banjir yang dulu menerjang Manado, yang airnya berasal dari Tondana, akan dicegat disini,” katanya. Fungsi ketiga, sebagai pembangkit listrik.

“Bisa ditambah dengan pariwisata, tetapi itu tugasnya Gubernur,” katanya sambil mengangguk ke Gubernur Sulut Olly Dondokambey.¬†Proyek ini direncanakan ini kira kira akan selesai pada Tahun 2019.

“Selain berguna bagi Masyarkat Minut ini juga bisa dapat menjadi destinasi pariwisata. Itu diserahkan kepada Gubernur,” kata dia.

Rombongan Presiden terdiri dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan.

Dan turut hadir, Wabup Ir Joppi Lengkong, Sekkab Minut Ir Sandra Moniaga MSi, Kapolres Minut AKBP Eko Irianto SIK, Dandim 1310 Bitung Minut Letkol Inf Deden Hendayana, Ketua PN Minut Agus Tjahjo SH MH, Ketua Kejari Minut Rustiningshi, sejumlah petinggi Polres dan Korem serta ASN Minut.
(Marvil Kembuan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here