VAP-JO Nahkodai Minut

0
216
Saat pengambilan sumpah dan janji di Graha Gubernuran.

Saat pengambilan sumpah dan janji di Graha Gubernuran.

GUBERNUR Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE melantik Bupati Vonnie Aneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppie Lengkong untuk memimpin Kabupaten Minahasa Utara 5 tahun mendatang. Proses pelantikan dilakukan serentak bersama dengan bupati dan wakil bupati Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan dan wali kota dan wakil wali kota Tomohon. Penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri  oleh gubernur dilakukan di Guest House (GH) Bumi Beringin, Rabu 17 Februari 2016 secara tertutup, pukul 15:00 WITA . Sedangkan pelantikan dan pengambilan sumpah janji serta penandatangan berita acara pelantikan dilakukan di Graha Bumi Beringin, gedung yang berdampingan dengan GH secara terbuka.

Bupati dan Wakil Bupati Usai Menerima Petikan SK Mendagri di Guest House Gubernuran.

Bupati dan Wakil Bupati Usai Menerima Petikan SK Mendagri di Guest House Gubernuran.

Proses pelantikan mengadopsi pelantikan Gubernur Olly Dondokambey di Istana Negara oleh presiden. Hal ini membuat pelantikan kepala dan wakil kepala daerah steril dan berbeda dengan pelantikan periode-periode sebelumnya. Serta fotografer kabupaten dan kota pun masing-masing satu orang, tak lebih. Dulu, pangkat tanda jabatan dan lencana burung garuda dipasang atau dikenakan oleh yang melantik saat pelantikan, namun saat ini semua tanda-tanda tersebut telah dikenakan dan terpasang di pakaian pasangan kepala daerah terlebih dahulu, sebelum menerima petikan SK.  Untuk penyerahan SK petikan, masing-masing pasangan kepala daerah dipanggil satu per satu masuk ruangan kerja Gubernur Olly Dondokambey untuk menerima SK petikan dari Mendagri yang dimasukan dalam gulungan warna merah.

Prosesnya, para Bupati, Wakl Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota berbaris memanjang dengan stelan pakaian dinas upacara besar (PDUB) dengan lencana penghargaan yang menggantung di saku kemeja. Tak lama kemudian, pembaca acara membacakan pelantikan kepala daerah dimulai.  Urutan barisan yakni bupati dan waki bupati Bolaang Mongondow Selatan, bupati dan wakil bupati Bolaang Mongdonw Timur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, bupati dan wakil bupati Minahasa Utara dan bupati dan wakil bupati Minahasa Selatan. Selanjutnya, setiap pasangan kepala daerah dipanggil masuk ke ruangan gubenur untuk menerima SK.

12734162_10205184406119392_2662373879946617695_nVonnie Anake Panambunan dan Ir Joppie Lengkong nampak berwibawa masuk dan tak lama kemudian keluar membawa gulungan warna merah berisi SK Mendagri. Setelah keluar, langsung berbaris kembali dan kemudian bersama gubernur berjalan menuju ruang pelantikan dan pengambilan sumpah janji di ruangan Graha HV Worang Bumi Beringin Manado. Saat itu, masyarakat sudah bisa melihat 5 pasangan kepala daerah dengan stelan PDUB putih-putih. Setelah masuk, langsung berdiri mengikuti pelantikan dengan didampingi gembala, pendeta, dan imam. “Setelah dilantik,  bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota langsung bekerja melayani rakyat dan jangan segan-segan untuk berkoordinasi dengan gubernur serta pemerintah provinsi. Jalankan amanah rakyat dengan sungguh-sungguh dan tulus,” kata Gubernur Olly Dondokambey SE.

Vonnie A. Panambunan dan Joppie Lengkong keluar ruangan usai menerima petikan SK Mendagri.

Vonnie A. Panambunan dan Joppie Lengkong keluar ruangan usai menerima petikan SK Mendagri.

Semua tata cara pelantikan pun ikut gaya istana negara. Para undangan yang menghadiri acara pelantikan pun berdiri dari  awal sampai akhir pelantikan. Usai dilantik, Vonnie Aneke Panambunan dan Ir Joppie Lengkong mendapat ucapan selamat dari masyarakat Minahasa Utara maupun masyarakat umum. “Terima kasih, Tuhan memberkati. Marilah kita bekerja bersama untuk  Minahasa Utara,” kata Panambunan.(humaspemkab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here