Rumah Sakit Keliling Mitra Pertama Di Indonesia

0
200
Puskesmas Keliling Pemkab Mitra di Launching Megawati Soekarno Putri

 

RATAHAN, SULUTAKTUAL – Pertama di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) miliki Dua unit kendaraan Rumah Sakit (RS) Keliling  yang langsung dioperasionalkan setelah diresmikan Presiden ke lima Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri di Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, Senin (15/02).
 
Didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Mitra James Sumendap, Megawati selain meresmikan juga meninjau langsung kelengkapan operasional kendaraan tersebut yang merupakan pelayanan RS keliling pertama di Indonesia. “Ini katanya merupakan kendaraan Rumah Sakit keliling pertama di Indonesia. Saya harapkan operasional dari kendaraan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Megawati dalam sambutannya.
 
Dirinya pun mengharapkan dengan adanya kendaraan RS keliling tersebut bisa berdampak langsung bagi masyarakat, khususnya yang perlu mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu menurut Putri dari Proklamator Ir. Soekarno, adanya kendaraan tersebut dapat diikuti dan dicontohi oleh pemerintah-pemerintah daerah yang ada di Indonesia. “Karena kendaraan ini sangat bagus peruntukkannya serta bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga seharusnya apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mitra dapat dicontohi oleh para pemerintah daerah lainnya dalam memberikan pelayanan kesehatan secara langsung bagi masyarakat,” ujarnya.
 
Selain itu Megawati mengingatkan, keberadaan dari kendaraan tersebut harus benar-benar diketahui oleh masyarakat, sehingga menurutnya ketika terjadi penanganan kesehatan cepat dilakukan tindakan. “Jadi sampaikan juga kemasyarakat, jika ada yang mengalami sakit berat di depan rumahnya ditaruh bendera merah sebagai tanda jika dirumah tersebut perlu penanganan secara serius, jadi kendaraan ini tak hanya sekedar keliling desa-desa saja tapi memang menangani masalah kesehatan setiap saat,” jelasnya.
 
Sementara itu menurut Bupati James Sumendap, setelah diresmikan oleh Megawati kendaraan tersebut langsung diopersionalkan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “Rumah sakit keliling ini langsung digunakan, dan melakukan pelayanan kesehatan di 144 desa dan kelurahan yang ada di Minahasa Tenggara, di mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore,” ujarnya.
 
Dikatakan Bupati, kendaraan tersebut dapat melayani poli umum, pelayanan pemeriksaan kehamilan, persalinan normal, pemeriksaan laboratriom dan konseling, pelayanan farmasi. Tak hanya itu kendaraan tersebut juga bisa melakukan tindakan operasi ringan, pemeriksaan USG, dan pemeriksaan jantung. “Untuk dokter, perawat dan bidan juga sudah yang terlatih, khususnya dalam pengunaan alat medis sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Mitra lebih optimal,” katanya.
 
Hadir dalam peluncuran dan peresmian tersebut Wagub Sulawesi Utara Steven Kandouw, Wagub DKI Jakarta Jarod Saiful Hidayat, Ketua Fraksi PDI-P yang juga Ketua PA GMNI Achmad Bashara, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, Bupati Bolmong Selatan Herson Mayulu, Bupati Kepulauan Sangihe HR Makagansa, Bupati Kepulauan Sitaro Tonny Supit, Wabup Minahasa Ivan Sarundajang, Wabup Mitra Ronald Kandoli, Wabup Minsel terpilih Franky Wongkar.
 
Selain itu anggota DPRD Minahasa Tenggara, para kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat serta tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara.(humaspemkabmitra/agl)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here